Lelang Ulang Tol Getaci Masih Tahap Pengkajian

Lelang Ulang Tol Getaci Masih Tahap Pengkajian

Ilustrasi pintu exit tol. Istimewa--

BACA JUGA:Kenapa Persib Mewaspadai Dewa United Musim Ini? Penjelasan Luis Milla Menjadi Jawabannya

Pembebasan Lahan untuk Jalan Tol Getaci di Kota Tasikmalaya Dimulai Tahun Depan

Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) di Kota Tasikmalaya baru akan dimulai tahun depan, menurut Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah.

Saat ini, pembebasan lahan untuk jalan tol Getaci baru dilakukan hingga Kabupaten Garut, sementara di Kota Tasikmalaya masih belum dilakukan.

"Informasi yang saya dapatkan adalah pembebasan lahan di Tasikmalaya baru akan dilakukan pada tahun 2024. Saat ini, pembebasan lahan baru mencapai Garut," ujar Cheka kepada wartawan pada Minggu lalu, 25 Juni 2023.

Meskipun masih membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum jalan tol Getaci beroperasi, Pemerintah Kota Tasikmalaya dikatakan terus melakukan persiapan menjelang hadirnya jalan tol tersebut.

BACA JUGA:Baladewa dan Baladewi Berikut Jadwal Tour Dewa19, Bakal Gelar Konser Musik di Kota Tasikmalaya

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan fasilitas peristirahatan, seperti hotel dan penginapan.

Cheka menjelaskan bahwa Kota Tasikmalaya diprediksi akan menjadi daerah transit bagi pengguna jalan tol yang ingin menuju wilayah selatan Jawa Barat atau Jawa Tengah. Oleh karena itu, potensi ini dianggap sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi di Kota Tasikmalaya.

"Persiapan kami di sini, jalan sudah siap. Hotel juga sudah siap. Karena ini akan menjadi tempat persinggahan menuju Jawa Tengah dan sekitarnya. Kami siap," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, mengonfirmasi bahwa pintu keluar tol Getaci di Kota Tasikmalaya tidak akan mengalami perubahan.

BACA JUGA:Banyak WNI Produktif Berpindah Kewarganegaraan, Imigrasi Keluarkan 3 Jurus Strategi Global Talent Visa

"Pintu keluar tol Getaci di sini tetap satu saja. Tetap berada di Jalan Sewaka, belum ada perubahan," kata Ivan melalui telepon.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengakui bahwa pihaknya sedang menunggu langkah dari pemerintah pusat terkait pembangunan jalan tol Getaci. Keberadaan jalan tol Getaci sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama di Jawa Barat.

"Saya menunggu tindakan cepat dari pemerintah pusat. Namun, yang pasti pemerintah pusat memberikan respon kepada masyarakat Jawa Barat," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: