Jepang Fokus Mendidik Karakter, Indonesia 'Riweuh' Zonasi PPDB Ada KK Palsu Sampai Uang Puluhan Juta

Jepang Fokus Mendidik Karakter, Indonesia 'Riweuh' Zonasi PPDB Ada KK Palsu Sampai Uang Puluhan Juta

Di Indonesia sibuk zonasi PPDB kalau di Jepang fokus mendidik karakter anak-anak usia sekolah.-tangkapan layar-

Jepang Fokus Mendidik Karakter, Indonesia 'Riweuh' Zonasi PPDB Ada KK Palsu Sampai Uang Puluhan Juta

RADARTASIK.COM - Sistem zonasi PPDB banyak cerita miring. Terutama tentang karut-marut (kacau) PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Artikel terkait klik di sini.

Zonasi PPDB di setiap tahunnya tidak aneh lagi jika para orang tua sibuk membuat KK (Kartu Keluarga) baru, nebeng domisili anak ke keluarga lain yang dekat ke sekolah tujuan.

Selain itu, zonasi PPDB ada juga yang harus menyiapkan uang hingga puluhan juta untuk masuk jalur mandiri.

Belum lagi jatah anggota dewan, jatah anak guru, semakin menambah karut-marutnya sistem zonasi PPDB.

BACA JUGA:PENGUMUMAN Buat Baladewa, Dewa 19 Bakal Konser Musik di Kota Tasikmalaya Oktober!

Entah siap yang salah dengan sistem zonasi ini. Sehingga setiap tahun ajaran baru sering terjadi kegemparan yang mencoreng citra sekolah-sekolah tertentu. 'Riweuh' (kacau) PPDB terjadi setiap tahun. Artikel lain klik di sini.

Kepada Radartasik.com, salah seorang perwira menengah Polri di Jawa Tengah mengisahkan anaknya gagal masuk sekolah negeri.

Gara-gara zonasi PPDB, anaknya yang rumahnya yang memang jauh dari sekolah gagal masuk. Tidak mau ribet dan tidak mau mengajarkan ketidakjujuran kepada anak, sang perwira memilih sekolahkan anaknya ke sekolah swasta Islam. Artikel lain bisa klik di sini.

"Andai ada evaluasi dari dinas terkait. Anak saya jadi korban juga, pengennya ke sekolah negeri pilihannya tapi kalah sama yang begituan...saya sekolahkan swasta Islam," ujar sang perwira via pesan Wathapp.

BACA JUGA:Motor Terasa Jadi Lebih Boros Bensin, Coba Periksa 5 Hal Ini

Perwira yang Radartasik.com kenal baik sebagai sosok rendah hati ini, kemudian membandingkan sistem pendidikan Indonesia yang ada zonasi PPDB dengan sistem pendidikan di Jepang.

"Kita kalah sekarang sama Jepang yang menomersatukan pendidikan karakter dari mulai kecil," sambungnya sambil mengirim dua video suasana belajar di sekolah Jepang.

Radartasik.com buka kiriman dua video itu. Wow, membuat iri. Di video tergambar jelas bagaimana anak-anak usia sekolah di Jepang dididik karakter sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: