Ribuan Jemaah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Salat Idul Adha di Gor Sukapura Dadaha

Ribuan Jemaah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Salat Idul Adha di Gor Sukapura Dadaha

Para jemaah Muhammadiyah saat melaksanakan Salat Idul Adha di Gor Sukapura, Rabu 28 Juni 2023. istimewa--

Ribuan Jemaah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Salat Idul Adha di Gor Sukapura Dadaha

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Ribuan jemaah Muhammadiyah melaksanakan ibadah salat Idul Adha 1444 Hijriyah di GOR Sukapura, Kompleks Olahraga Dadaha, Kota Tasikmalaya, Rabu 28 Juni 2023.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jamaah yang melaksanakan salat Idul Adha di GOR Sukapura sampai meluber hingga ke luar area parkiran.

Bahkan, sebagian jemaah ada yang melaksanakan salat di Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya, yang letaknya bersebelahan dengan GOR Sukapura.


--

Ketua Pelaksana Salat Idul Adha Muhammadiyah, Asep Azwar mengutarakan, salat Idul Adha berjamaah Muhammadiyah tingkat Kota Tasikmalaya ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

Awalnya salat Idul Adha tingkat Kota Tasikmalaya ini akan dilaksanakan di Stadion Wiradadaha. Namun, karena kondisi cuaca tidak mendukung, pelaksanaan salat Idul Adha dialihkan ke GOR Sukapura. 

"Tadi pagi sampai pukul 02.00 kami masih di stadion membereskan air. Namun pukul 05.00 dialihkan ke sini karena hujan lagi," katanya kepada wartawan.

Asep menerangkan, meski kondisi hujan jemaah yang datang tetap banyak. Bahkan, GOR Sukapura yang digunakan untuk pelaksanaan salat tak dapat menampung jamaah yang membludak.  

BACA JUGA:Marcus Thuram Memilih Inter Milan Setelah Melihat Paolo Maldini dipecat AC Milan

"Jemaah tetap banyak. Membludak sekali. Perkiraan yang hadir sekitar 4.000-6.000 orang," terangnya.

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Tasikmalaya, H Iip Syamsul Arief menuturkan, pelaksanaan salat Idul Adha ini dilakukan pada hari Rabu didasari tiga hal. 

Pertama, menurut dia, Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengeluarkan surat jadwal haji. "Wukuf di Arafah itu pada Selasa 27 Juni 2023 kemarin. Karena itu, hari ini pasti Idul Adha," tuturnya.

Untuk alasan kedua, beber dia, pelaksanaan sholat Idul Adha didasari atas perhitungan hisab. Terbukti, sudah terlihat jamaah haji yang melaksanakan wukuf sejak kemarin. Ketiga, atas dasar penetapan ulama. "Yang kami pahami, sekarang (Rabu) tanggal 10 (Djulhijjah)," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: