Keren! Seniman Asal Ciamis Manfaatkan Ampas Kopi Menjadi Karya Seni Bernilai Tinggi

Keren! Seniman Asal Ciamis Manfaatkan Ampas Kopi Menjadi Karya Seni Bernilai Tinggi

Dian Gurbada menunjukkan koleksi gambar yang ia lukis menggunakan ampas kopi, Minggu (25/6/2023).-IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA-

BACA JUGA:Jurnalis Italia: Marcus Thuram Memilih Inter Milan Karena Paolo Maldini

Setelah pulang kampung ke Ciamis, Dian memutuskan untuk mengembangkan hobi melukisnya menjadi bisnis. Karyanya mulai mendapat pengakuan dan ia mendapatkan pesanan untuk membuat lukisan mural di salah satu pondok pesantren.

“Hingga orderan lukisan pun mulai berdatangan hingga dua tahunan. Namun kebanyakan order lukis wajah,” paparnya. 

Namun, setelah beberapa waktu, Dian merasa bosan dengan gaya lukisannya yang menggunakan pensil dan ia ingin menciptakan sesuatu yang berbeda. Setelah berdiskusi dengan beberapa orang, ia mendapatkan ide untuk membuat lukisan dari ampas kopi.

Dalam percobaannya, Dian mencoba membuat gambar pada sebuah nampan menggunakan ampas kopi ketika ia sedang menjaga mertuanya yang sakit di rumah. Dan hasilnya berhasil.

BACA JUGA:Siap Tempur, Mantan Bek Persija Resmi Gabung Persib, Berharap Banyak Musim Ini Lebih Baik

“Jadi lukisan yang saya bikin (dari ampas kopi), pertama itu Iwan Fals dan Grup Metalica,” terang dia.

Di tahun 2023, ia telah membuat lukisan wajah Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo Subianto menggunakan ampas kopi. Salah satu lukisan tersebut dibeli oleh Dedi Mulyadi, meskipun harganya tidak diungkapkan oleh Dian.

“Kalau masalah harga ini relatif. Jadi kalau seni ini masalah rasa. (Hanya untuk) pecinta seni dan kantongnya mumpuni saja,” pungkasnya.

Kisah Dian Gurbana menjadi inspirasi bagi banyak orang dengan kretivitas dan ketekunannya, ia bisa merubah ampas kopi menjadi seni bernilai tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: