Waduh Rata-Rata Lama Sekolah Warga Kota Tasikmalaya Cuma Sampai Kelas I SMA

Waduh Rata-Rata Lama Sekolah Warga Kota Tasikmalaya Cuma Sampai Kelas I SMA

Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya salah satu pusat kota dan ikon Kota Tasikmalaya.-Foto:tangkapan layar/dok atcs kota tasikmalaya-

Waduh Rata-Rata Lama Sekolah Warga Kota Tasikmalaya Cuma Sampai Kelas I SMA

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Pendidikan menjadi salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan dan dimaksimalkan oleh pemerintah daerah.

Tidak terkecuali di Kota Tasikmalaya, pendidikan harus menjadi urusan wajib yang diperhatikan.

Berdasarkan data dari rencana pembangunan daerah Kota Tasikmalaya tahun 2023-2026, dengan jumlah penduduk Kota Tasikmalaya yang jumlahnya 716.155 jiwa, memiliki potensi besar untuk peningkatan Sumber Daya Manusia.

BACA JUGA:RESMI, Daftar 11 Pemain Persib Lawan PSS Sleman, Febri Hariyadi dan Ezra Walian Diturunkan Sejak Awal

Namun saat ini angka capaian rata-rata lama sekolah warga Kota Tasikmalaya baru berada di angka 9,52 tahun atau sama dengan di tingkat kelas I SMA sederajat.

Sedangkan angka harapan sekolah untuk warga Kota Tasikmalaya baru mencapai 13,46 tahun atau baru sampai setingkat D1 dan D2 (Diploma 1 dan 2).

Target dari pembangunan bidang pendidikan untuk lama sekolah warga Kota Tasikmalaya adalah 12 tahun sesuai dengan target nasional yaitu pendidikan dasar hingga 12 tahun atau minimal sampai dengan kelas III SMA sederajat.

Masih rendahnya rata-rata lama sekolah warga Kota Tasikmalaya ini cukup berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia di Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Biaya Masuk Pesantren Al-Zaytun Siapkan USD 3.500, Kalau Dicicil Orang Tua Harus Bayar Tambahan 5%

Sehingga masih rendahnya angka lama sekolah warga Kota Tasikmalaya menjadi permasalahan dan isu strategis daerah Kota Tasikmalaya yang harus dituntaskan.

Permasalahan dan isu strategis daerah Kota Tasikmalayatidak hanya sampai pada lama sekolah warga Kota Tasikmalaa saja.

Akan tetapi ada beberapa hala yang menjadi permasalahan dan isu strategis daerah yaitu kemiskinan dan permasalahan sosial, kualitas sumber daya manusia yang salah satunya adalah lama sekolah warga Kota Tasikmalaya yang masih rendah, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dan penataan ruang, juga reformasi birokrasi.

Untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dan isu strategis daerah Kota Tasikmalaya, pemerintah Kota Tasikmalaya telah mengantarkan untuk kebutuhan anggaran belanja masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber