Nah Kan! Persib Sukses Borong 9 Pemain Naturalisasi, Berikut Ini Daftar Lengkapnya

Nah Kan! Persib Sukses Borong 9 Pemain Naturalisasi, Berikut Ini Daftar Lengkapnya

Ilustrasi logo Persib. Foto: Persib--

Kecuali Cristian Gonzales, 8 pemain Persib lainnya sudah menjadi WNI sebelum bergabung dengan Persib.

“Sejak 2010, kecuali Gonzales, semua pemain naturalisasi yang kami rekrut sudah menjadi WNI sebelum bergabung,” papar Teddy Tjahjoni. 


Deputi CEO Persib Bandung Teddy Tjahjono dan Victor Igbonefo jadi narasumber dalam diskusi naturalisasi, Selasa 30 Mei 2023. Foto: Persib--

“Dalam perekrutannya, kami mempertimbangkan kebutuhan tim, kemampuan pemain dibandingkan pemain lokal sehingga sehingga menghadirkan manfaat, terutama tranfer ilmu dan pengalaman,” kata Teddy menjabarkan.

Dalam diskusi yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manuasia (Kemenkumham) Jawa Barat di TVRI Bandung, Selasa, 30 Mei 2023 membahas kemanfaatan program naturalisasi berdasarkan pasal 20 Undang-Undang No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan.

Teddy mengatakan, program naturalisasi memberikan dampak positif bagi persepakbolaan nasional, baik di level Tim Nasional maupun klub. 

Victor Igbonefo Bangga Jadi WNI

Dalam kesempatan itu hadir juga pemain senior Persib Victor Igbonefo.

Dia hadir secara daring mengaku bangga menjadi warga negara Indonesia. 

“Aku sudah ada di Indonesia selama 7 tahun. Indonesia dan sudah seperti rumah sendiri,” ujarnya. 

“Aku coba membantu Indonesia bersama Timnas dan aku senang bisa menjadi warga Indonesia, negara yang semakin maju sepak bolanya dari tahun ke tahun,” ucap bek senior Persib ini.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, R. Andika DwiPrasetya. 

Dia menyebutkan, analisis kebijakan ini akan berusaha menjelaskan pergeseran tujuan, serta praktik yang baik dan benar dalam program naturalisasi atlet sesuai Pasal 20 Undang-Undang No. 2006 Tentang Kewarganegaraan.

“Analisis akan dilakukan dengan melakukan studi literatur dan wawancara mendalam kepada praktisi, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya. 

“Rekomendasi dari analisis ditujukan kepada Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Intelijen Negara, dan Federasi Cabang Olahraga yang menaungi atlet keturunan Indonesia atau orang asing murni,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: