Nama-Nama Pemenang Lomba Bank Sampah Tingkat Kota Tasik, Juaranya Bayar Kurban Pakai Sampah

Nama-Nama Pemenang Lomba Bank Sampah Tingkat Kota Tasik, Juaranya Bayar Kurban Pakai Sampah

Para juara Lomba Bank Sampah tingkat Kota Tasikmalaya berfoto usai pengumuman juara.-Foto: ujang nandar/radartasik.disway.id-

Nama-Nama Pemenang Lomba Bank Sampah Tingkat Kota Tasik, Juaranya Bayar Kurban Pakai Sampah

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Lomba bank Sampah tingkat Kota Tasikmalaya akhirnya menemukan sang juara. Pengunguman dan penyerahan hadiah Lomba Bank Sampah tingkat Kota Tasikmalaya dilaksanakan Sabtu 13 Mei 2023 malam di Kampus STMIK bertepatan dengan Jambore Otomotif Tasik.

Nama-nama pemenang Lomba Bank Sampah tingkat Kota Tasikmalaya diraih oleh Bank Sampah Sugema sebagai juara 1. Juara 2 Bank Sampah Mandiri. Juara 3 Bank Sampah Cikal.

Diumumkan juga juara harapan. Yang terdiri dari juara harapan 1 Bank Sampah Kembang Hurip, juara harapan 2 Bank Sampah Sobat Penyamar dan juara harapan 3 Bank Sampah III Cikalang Mandiri.

BACA JUGA:6 Keuntungan Persib Jika Pinjam Elkan Baggott dari Klub Inggris Ipswich Town, Bagaimana Coach Luis Milla?

Salah satu indikator penilaian yang paling besar adalah dalam hal pengurangan sampah dengan bobot tertinggi. Kemudian juga ada inovasi seperti yang dilakukan oleh Bank Sampah Sugema yang memiliki inovasi membayar kurban dengan sampah, menjadi daya tarik masyarakat sekitar untuk mengumpulkan sampah sehingga terjadi pengurangan sampah ke TPS dan TPA.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas LH Kota Tasikmalaya Feri Arif Maulana mengucapkan selamat kepada pemenang Lomba Bank Sampah tingkat Kota Tasikmalaya. Bagi bank sampah yang belum menjadi juara harus lebih meningkatkan kreativitasnya dalam hal pengelolaan sampah melalui bank sampah.

"Kita harus optimis, tentunya target kita tidak hanya juara yakni bagaimana pengurangan sampah di sumber atau tingkat rumah tangga," katanya kepada Radartasik.com usai penyerahan penghargaan di Komplek Kampus STMIK Sabtu 13 Mei 2023 malam.

Diraihanya juara itu, salah satu apresiasi pemerintah terhadap apa yang telah dilakukan oleh setiap bank sampah. "Tentunya itu harus lebih digiatkan karena Pemerintah Kota Tasikmalaya tahun ini menargetkan mendapatkan Adipura," kata Feri.

BACA JUGA:DPC PKB Pilih Ngabringkeun Vespa Saat Daftarkan Bacaleg ke KPU Kota Tasikmalaya

Feri melihat selama ini bank sampah di Kota Tasikmalaya akan bertambah. Bank sampah di Kota Tasikmalaya ini sudah ada sekitar 50 unit bank sampah di Kota Tasikmalaya.

"Itu kan sebuah perkembangan yang sangat bagus, ditambah dengan inovasi-inovasinya. Dengan begitu akan mengurangi sampah di sumber. Ditambah dengan adanya surat edaran di setiap satu keluarhan harus ada bank sampah," jelas dia.

Saat ini, Pemerintah Kota Tasikmalaya akan terus melakukan pengoptimalan pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik. Baik dengan pengelolaan magot dan lainnya agar bisa mengurangi sampah dari sumber.

"Kami menargetkan bank sampah lebih banyak, agar pengurangan sampah dari sumber ini terus meningkat. Bahkan lomba bank sampah ini akan terus kita laksanakan setiap tahun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: