Warga di Tasik Berbondong-Bondong Kumpulkan Sampah, Datangi Bank Sampah Ditukar dengan Uang

Warga di Tasik Berbondong-Bondong Kumpulkan Sampah, Datangi Bank Sampah Ditukar dengan Uang

Bank Sampah Tugu Harapan didatangi warga yang hendak menukarkan sampah dengan uang.-Foto:tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Warga di TASIK khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya berbondong-bondong kumpulkan sampah, setelah sampah terkumpul warga pun mendatangi bank sampah untuk ditukar dengan uang.

Salah satunya warga datang ke bank sampah Tugu Harapan yang bearada di Kelurahan Tugujaya tepatnya di belakang kantor Kelurahan Tugujaya.

Di tempat tersebut warga datang untuk menukarkan sampah yang dikumpulkan dengan uang. Ada juga warga yang menyimpan terlebih dahulu uang hasil penukaran dengan sampah untuk ditabung.

BACA JUGA:Bus dari Tasik ke Terminal Hanya Numpang Lewat Doang, Berikut Pengalaman Dua Sejoli

Direktur bank samaph Tugu Harapan, Hendi Ruswandi menceritakan, warga di sekitar Banak yang sampah yang dikelolanya memang banyak yang sudah muali tergerak untuk mengumpulkan sampah kemudian ditabung ke bank sampah.

“Ada yang ditukar langsung diambil uangnya, ada juga yang ditabung dikumpulkan dulu uangnya, untuk berbagai kebutuhan mereka,” ungkap Hendi pada saat menerima tim penilai lomba bank sampah tingkat Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya ini.

Bank Sampah Tugu Harapan saat ini sudah bisa ikut membangun beberapa bank sampah di setiap RW yang ada di Kelurahan Tugujaya.

BACA JUGA:Penumpang Wajib Tahu, Perusahaan Bus dari Tasik Ini Masih Pakai Tarif Tuslah untuk Beberapa Rute

Bila dulu bank sampah Tugu Harapan adalah satu-satunya bank sampah yang didatangi warga, saat ini warga bisa menukarkan smpah dengan uang di banyak bank sampah yang tersebar.

Koordinator tim penilaian Lomba Bank Sampah, H. Sutoyon dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya menjelaskan di hari keempat penilaian ini banyak sekali inovasi yang dilakukan bank sampah.

Salah satunya bank sampah Tugu Harapan yang melakukan pengolahan sampah organik untuk menjadi pupuk yang kemudian pupuk tersebut dimanfaatkan oleh KWT untuk tanaman yang mereka tanam.

BACA JUGA:Makin Asyik Naik Armada Milik Perusahaan Bus dari Tasik, Pembelian Lewat Aplikasi Bisa Dapat Tarif Spesial

“Pada intinya dilakukan penilaian bank sampah ini untuk mengurangi sampah dari sumbernya sehingga tidak ada lagi sampah yang diangkut ke TPS dan ke TPA, kecuali residu dari hasil pengolahan,” ungkapnya.

Selain itu, kata H. Sutoyon, Kota Tasikmalaya memiliki target dapat mengurangi sampah yang dibuang ke TPS dan ke TPA sebesar 70 persen di tahun 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: