PLN Fokus Tata Kelola Keuangan dan Tingkatkan Layanan Pelanggan

PLN Fokus Tata Kelola Keuangan dan Tingkatkan Layanan Pelanggan

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mampu membawa transformasi tata kelola keuangan dan fokus tingkatkan layanan pelanggan.--PT PLN--

Selain meningkatkan keandalan pasokan listrik bagi pelanggan, PLN juga membangun sistem pelayanan pelanggan yang mudah, cepat dan terintegrasi melalui Super Apps PLN Mobile.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur mulai dari layanan pasang baru, tambah daya, dan pengaduan pelanggan terintegrasi dalam satu platform.

Dulu, proses bisnis di layanan pelanggan PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. Sistem lama ini membuat layanan menjadi lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Pelanggan juga tidak bisa melakukan komunikasi langsung dengan PLN.

BACA JUGA: Tak Jadi Hari Ini! Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Diundur Menjadi 11 Mei 2023, Simak Alasannya

BACA JUGA: Unik, Resmi Gabung Persib, Bek Alumni Uruguay Pilih Berlatih di Pasir, Ternyata Ini Manfaatnya

Melalui transformasi, PLN meringkas, menyederhanakan dan mendigitalisasi proses bisnis layanan. Hasilnya, semua proses bisnis mampu dipantau secara real time. 

PLN juga menyediakan ruang komunikasi dalam sistem digital. Seluruh kendala maupun tantangan mampu direspons cepat oleh perusahaan sehingga menghasilkan layanan yang lebih cepat.


Melalui inovasi digital pelayanan yang sebelumnya banyak dikeluhkan oleh pelanggan ini, PLN mampu memangkas response time dalam memberikan layanan penanganan gangguan kepada pelanggan dari rata-rata 56 menit pada 2021 menjadi 24 menit pada 2022. 

”PLN Mobile bukan sekedar aplikasi saja, kini menjadi one stop services kebutuhan masyarakat mulai dari layanan kelistrikan, layanan kendaraan listrik, hingga layanan internet. Lewat PLN Mobile, masyarakat semakin efisien waktu dan mampu mendapatkan layanan tercepat dari PLN,” ucap Darmawan.

BACA JUGA: Penumpang Wajib Tahu, Perusahaan Bus dari Tasik Ini Masih Pakai Tarif Tuslah untuk Beberapa Rute

BACA JUGA: Timnas U-22 Indonesia Hajar Myanmar Lima Gol Tanpa Balas, Indra Sjafri: Masih Ada Kesalahan

Tak ayal, hanya dalam waktu 2 tahun, PLN Mobile kini telah di download oleh lebih dari 39 juta pengguna, dengan skor rating mencapai 4,9. Bahkan, jika melihat di Play Store dan App Store, aplikasi ini menjelma menjadi salah satu aplikasi pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: