Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Tasikmalaya-Pangandaran

Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Tasikmalaya-Pangandaran

Alat berat dikerahkan untuk mengevakuasi material longsor di jalan penghubung Tasikmalaya-Pangandaran di Cineam, Kamis 04 Mei 2023.-istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Bencana tanah longsor menimbun jalan penghubung Tasikmalaya-Pangandaran di Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 04 Mei 2023 dini hari. Akibatnya akses masyarakat dari kedua arah sempat terganggu.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP SY Zainal Abidin melalui Kapolsek Cineam, AKP Dede Darmawan mengatakan, sebelum terjadi tanah longsor, wilayah setempat diguyur hujan dengan intensitas sedang selama beberapa jam. 

"Akibat hujan itu material longsor menutup akses jalan," ujar Kapolsek Cineam, AKP Dede Darmawan.

Tim gabungan TNI Polri, BPBD dan warga masyarakat dikerahkan ke lokasi bencana untuk bergotong royong melakukan evakuasi material longsor yang menutup akses jalan penghubung Tasikmalaya-Pangandaran.

BACA JUGA:Saat Ditinggal Penghuninya, Rumah di Kota Banjar Ludes Terbakar, Pemilik Rumah Shock dan sempat Pingsan

"Upaya Kami untuk menyingkirkan tanah longsor yang menutup akses jalan dengan menerjunkan alat berat dan mengunakan alat manual baik cangkul dan skop," terangnya.

Akibat tanah longsor tutup akses jalan penghubung Tasik-Pangandaran, mobilisasi masyarakat sempat dialihkan. Yakni melalui jalan alternatif ke Dusun Sindangsetra, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.

"Meskipun jalan masih tertutup, tentunya mobilitas warga dialikan ke jalur alternatif lain," tambahnya.

Kapolsek mengimbau masyarakat pengguna kendaraan yang melintas jalan penghubung Tasikmalaya-Pangandaran, agar selalu waspada. Sebab intensitas curah hujan masih cukup tinggi dan berpotensi terjadi longsor serupa.

BACA JUGA:15 Rumah Terendam Banjir, 6 Rumah Terdampak Longsor, Bencana di Tiga Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita imbau kepada warga dan pengendara yang melintas di jalan itu agar hati-hati dan waspada. Selin jalan masih linci kemungkinan curah hujan juga masih tinggi," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somantri menuturkan, hujan yang telah terjadi di daerahnya telah menyebabkan jalan penghubung Tasikmalaya-Pangandaran tak bisa dilalui oleh kendaraan. 

Namun, jelas dia, siang tadi pihaknya bersama tim gabungan melakukan proses evakuasi material dengan mengerahkan alat berat supaya jalan tersebut kembali dilalui kendraan.

"Untuk proses evakuasi material longsor yang telah menutup jalan penghubung Tasikmalaya-Pangandaran masih dilakukan mengunakan alat berat. Akan tetapi, kendaraan yang akan melintas telah dialihkan ke jalan lingkungan di Dusun Sindangsertra tetapi kondisi material tanah masih menutup badan jalan," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: