Desa Selamanik di Ciamis Masuk Daftar ADWI 2023

Desa Selamanik di Ciamis Masuk Daftar ADWI 2023

sandiaga uno meninjau barang-barang yang dipamerkan di selamanik.-Iman S Rahman/radar tasikmalaya-

CIAMIS, RADARTASIK.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf ) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Desa Selamanik Kecamatan Cipaku merupakan salah satu desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.
Hal itu ia sampaikan ketika melakukan kunjungan ke CIAMIS pada hari Kamis (6/4/2023), sekitar pukul 08.00. “Alhamdulillah saya bisa merasakan keindahan Desa Selamanik. Saya nyatakan Desa Wisata Selamanik sebagai desa wisata terbaik yang berkelas dunia. Luar biasa,” ucapnya.
Menurutnya Desa Selamanik bisa menarik lebih banyak wisatawan apabila pengemasannya diperbaiki. Sebab dari segi potensi desa itu punya bentang alam yang indah dan memiliki daya jual bagi turis atau pengunjung.

BACA JUGA:Aktor Film Bagi-bagi Takjil di Imbanagara Ciamis Bersama Club Baleno Car Community
Demikian juga dengan potensi agrowisatanya, dimana kemampuan warga untuk bertani dalam konsep yang sangat produktif dinilai sangat bagus. “Konsep tersebut kemudian (bisa) dikemas dengan paket wisata,” tuturnya.
Ia mencontohkan ketika ada kenaikkan harga bawang merah, para petani di Desa Selamanik justru mendapat anugerah. Sebab mereka bisa menjual dengan harga lebih tinggi. Hal itu bisa menjadi potensi penyerapan tenaga kerja.
Wisatawan bisa dikenalkan dengan pertanian. Agar Selamanik menjadi lokasi wisata yang mendunia, Menparekraf menjanjikan akan membuat homestay. Ia akan meminta perusahaan perhotelan untuk menjadi mitra Desa Selamanik dan membuat homestay. “Tujuan kita agar lebih menarik dan banyak wisatawan yang datang,” harapnya.

BACA JUGA:Kalah 4-0 dari Persita Tangerang, Saatnya Persib Cuci Gudang dan Datangkan Pemain Baru
Selain lahan pertanian, Selamanik juga punya spot arung jeram. Sandi Uno bahkan sempat mencoba jeram Sungai Cimuntur saat berkunjung. Setelah kunjungan itu rencananya Menparekraf akan mengutus Deputi Bidang Industri dan Investasi untuk melihat potensi wisata lainnya dan kebutuhan akomondasi wisatawan.
Salah satunya soal keinginan Bupati Ciamis untuk punya hotel bintang 5 di wilayahnya. “Kita koordinasi dengan kadis dan insyaallah bisa kita langsung petakan. Namun mohon dukungan terkait perizinan dan alokasi yang tepat untuk hotel bintang lima,” jelasnya.

BACA JUGA:PT LRT Jakarta Buka Lowongan Kerja untuk Usia Maksimal 35 Tahun
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menambahkan bahwa Destinasi wisata di Cirebon Raya dan Priangan Timur terus diperkuat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.
“Penguatan ini untuk memecah kepadatan wisatawan di Bandung Raya dan Bogor Raya. Harapanya Menparekraf bisa terus support pengembangan potensi pariwisata khususnya Cirebon Raya dan Priangan Timur yang lebih bagus,” teranganya.
Sementara itu Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Ciamis sampai saat ini belum punya hotel berbintang. Yang ada hanya kelas hotel melati saja. Padahal Ciamis punya banyak event pariwisata yang cukup berpengaruh terhadap tingkat hunian hotel. Namun terkendala masalah akses.
“Jadi kita tidak punya bandara, tol baru mau di bangun, atau pelabuhan. Saya mendorong agar menparekraf Sandiaga Uno bisa membantu ke Ciamis memiliki hotel berbintang,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: