Alasan NIK Tidak Terdaftar di Dapodik Saat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023

Alasan NIK Tidak Terdaftar di Dapodik Saat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023

Alasan NIK tidak terdaftar di Dapodik saat pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023.--Ilustrasi KIP Kemendikbud--

RADARTASIK.COM – Ada beberapa alasan Nomor Induk Kependudukan atau NIK tidak terdaftar Didapodik saat pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023.

Informasi NIK tidak terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) muncul ketika proses penginputan NIK oleh siswa berbeda dengan NIK yang tercatat di Dapodik Kemendikbudristek.

Jika masalah tersebut muncul, siswa dapat melaporkan dan berkoordinasi dengan operator Dapodik/Emis di sekolah masing-masing untuk melakukan perbaikan data di Dapodik Kemendikbudristek.

Sementara bagi siswa lulusan tahun 2021 dan 2022 dapat mengajuan perbaikan melalui Verval Lulusan di tautan pd.data.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA: Salah Target! Kemensos Coret 10 Golongan Penerima Bansos Mereka Wajib Lakukan Ini

BACA JUGA:Ketua Kopri PMII Kota Tasikmalaya: Pemecatan dan Proses Hukum bagi ASN yang Terlibat Narkoba

Untuk diketahui, pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023 sudah dibuka mulai 14 Februari sampai 13 Oktober 2023.

KIP Kuliah Merdeka 2023 merupakan program beasiswa dari pemerintah yang diberikan kepada seluruh siswa di Indonesia yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

KIP Kuliah Merdeka 2023 bisa dimanfaatkan bagi siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

Bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa KIP-K.

BACA JUGA: Kasus PNS Nyabu di Pemkot Tasik Bagai Petir di Siang Bolong

BACA JUGA: 6 Kios di Pasar HPKP Cikurubuk Terbakar, Api Diduga Korsleting Listrik

Namun, siswa yang yang belum terdata di DTKS Kemensos tetap diperkenankan untuk mendaftar dan mengikuti program KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023 memerlukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan NIK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: