Ku Bank Sampah Mah, Milihan Runtah Jadi Barokah

Ku Bank Sampah Mah, Milihan Runtah Jadi Barokah

Cara memilah sampah sejak dari rumah.-foto:tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bank sampah menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah.

Bank sampah menerapkan strategi 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle dalam pengelolaan sampah di masyarakat.

Kota Tasikmalaya melalui Dinas Lingkungan Hidup menargetkan dapat membangun bank sampah minimal satu kelurahan satu bank sampah. Kegiatan yang dilaksanakan di bank sampah, pada prinsipnya adalah memilah sampah sejak dari rumah.

Mulai dari sampah organik dan non organik, sampah plastik, kertas dan lainnya sudah terpilah dari rumah. Kemudian nanti akan disetorkan oleh masyarakat kepada bank sampah.

BACA JUGA:Harga Komoditas Pangan di Pasar Cikurubuk Stabil, Cabe Merah di Pasar Pancasila Turun

Kegiatan bank sampah di Kota Tasikmalaya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang cukup baik. sebaik bentuk memberikan apresaisai terhadap masyarakat dan juga pengelola bank sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya mendapatkan dukungan penuh dari Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan untuk melaksanakan kegiatan lomba bank sampah di masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, Deni Diyana, menjelaskan melalui program kegiatan bank sampah cukup efektif untuk mengurangi tumpukan sampah di masyarakat.

ke depan, Deni berharap akan muncul berbagai inovasi untuk bank sampah. Inovasi yang muncul tidak perlu original namun dapat melakukan pengamatan, meniru dan memidifikasi dari bank sampah-bank sampah yang sudah berhasil.

"Contoh dalam pemilihan plastik, kita harus merubah paradgmia kalau plastik itu adalah sampah. Tapi bagaimana kita ubah paradigma kalau plastik itu adalah komoditi yang memiliki nilai dan menghasilkan uang, bila kita kumpulkan dengan banyak," jelasnya memberikan arahan kepada para pengelola bank sampah di Kota Tasikmalaya, Rabu 8 Maret 2023 pada saat Technical Meeting Lomba Bank Sampah.

BACA JUGA:Mau Ikut Lomba Bank Sampah Tingkat Kota Tasik? Syaratnya Mudah, Perhatikan Poin Penilaiannya

Senada dengan apa yang disampaikan Deni, Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan juga memberikan aprsaisi yang tinggi kepada para pengelola bank sampah di Kota Tasikmalaya.

Sesuai dengan tag line lomba kali kali ini yaitu "Ku Bank Sampah Mah, Milihan Runtah Jadi Barokah" diharapakan kegiatan pemilahan sampah sejak dari masyarakat bisa membawa keberkahan bagi Kota Tasikmalaya.

"Kita berikan apresaisi untuk bank sampah terbaik nantinya. ini pun sebagai bentuk stimulus bagaimana masyarakat bisa ikut serta dalam pengelolaan bank sampah di wilayahnya masing-masing," harap Enan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: