BEM Fakultas Komunikasi dan Informasi Uniga Gelar Pertunjukan Manunggal

BEM Fakultas Komunikasi dan Informasi Uniga Gelar Pertunjukan Manunggal

BEM FKominfo Universitas Garut melaksanakan kegiatan bertajuk Manunggal, Sabtu (25/2/2023). Kegiatan tersebut untuk mengenalkan kebudayaan lokal kepada mahasiswa.-agi sugiana/radar tasikmalaya-radartasik.disway.id

TAROGONG KALER, RADARTASIK.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Komunikasi dan Informasi (Fkominfo) Universitas Garut (Uniga) menggelar pertunjukan Manunggal. Kegiatan itu sebagai program akhir kepengurusan BEM.

Ketua BEM Fkominfo Uniga Husni Mubarok mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak dari kegiatan sebelumnya. “Sebulan yang lalu kita ada beberapa rangkaian road to Manunggal yang mencakup minat dan bakat,” ucapnya, Sabtu (25/2/2023).

Sebelumnya, kata Husni, sudah diselenggarakan beberapa kegiatan, seperti perlombaan dan pameran sesuai minat bakat dan bidang di BEM Fkominfo.

“Yang pertama ada departemen seninnya, kemudian departemen keilmuannya, dan departemen olahraga, juga ada pameran Galaksi yang digelar mahasiswa pengampu mata kuliah fotografi.

BACA JUGA:Cegah Penyakit Difteri, Pemkab Garut Segera Gelar Imunisasi Massal

Ia menyebutkan, gelaran Manunggal merupakan kegiatan yang bertujuan mewadahi minat dan bakat para mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Garut. Sehingga mereka bisa menyalurkan minat dan bakatnya.

Ia berharap dengan kegiatan yang mengusung tema budaya lokal ini bisa menjadi pengingat kepada para mahasiswa tentang kebudayaan lokal dan pahlawan lokal, khususnya di bidang pendidikan.

“Kita mengambil temanya ada unsur budayanya. Diharapkan kegiatan ini mampu memantik mereka untuk mengingat atau mempelajar lebih dalam lagi tentang budaya-budaya lokal,” harapnya.

Ke depan, lanjut Husni, kegiatan seperti itu akan terus berlangsung. Sebab setiap kepengurusan akan mengadakan kegiatan puncak dari akhir masa jabatan.

Koordinator Manunggal Pradja Wangsa Dinata mengatakan, konsep budaya atau etnik yang ditampilkan di kegiatan tersebut diambil dengan latar zaman dulu, saat tokoh pendidikan Garut Raden Ayu Lasminingrat masih hidup. “Era tahun 1800-an di mana di zaman itu tokoh pendidikan perempuan di tanah Pasundan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, diusungnya konsep seperti itu sebagai upaya mengingatkan para mahasiswa tentang sejarah dan juga tokoh pendidikan lokal.

“Kita sedang berada di lingkungan pendidikan, tentunya bukan anak kecil saja yang mengetahuinya, tapi kita sebagai mahasiswa juga harus mengetahui tentang sejarah itu,” jelasnya.

BACA JUGA:Peringatan Hari Jadi Garut Pemkab Garut Gelar Festival Seribu Liwet

Praja menuturkan, terkait logo Manunggal sendiri melambangkan kebersamaan dengan empat daun di kanan melambangkan empat program studi di Fkominfo dan empat daun di sebelah kiri merupakan empat unit kegiatan mahasiswa di Fkominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: