PT DAM Berbagi Tips Postur Berkendara yang Aman dan Nyaman, Minimalisir Potensi Terjadinya Kecelakaan

PT DAM Berbagi Tips Postur Berkendara yang Aman dan Nyaman, Minimalisir Potensi Terjadinya Kecelakaan

Tips berkendara yang aman dan Yaman salah satunya adalah perhatikan postur bahu dan kepala.-Foto:istimewa-

Pastikan posisi siku tangan sedikit menekuk untuk memudahkan dalam pengendalian sepeda motor. Apabila siku tangan dalam keadaan lurus maka akan sulit untuk mengendalikan sepeda motor dan saat menjumpai jalanan bergelombang atau tidak rata, sikur  juga bisa menjadi suspensi di tubuh kita agar nyaman saat berkendara.

BACA JUGA:JANGAN HERAN! Bunga KUR Mikro Sampai 9 Persen, Cermati Aturan Baru KUR Tahun 2023

Tangan

Tangan harus selalu berada dalam posisi menggenggam penuh handle stang motor. Jangan ada satu jari yang standby di tuas rem ataupun tuas kopling, dikarenakan jari tangan hanya bergerak saat melakukan pengoperasian rem atau kopling saja. Jika tidak dioperasikan jari tetap mengepal penuh di handle stang kiri dan kanan.

Pinggul

Pastikan pinggul dibuat senyaman mungkin dan posisinya berada di tengah jok. Jangan terlalu maju ataupun terlalu mundur, penempatan pinggul bisa disesuaikan dengan postur tubuh setiap pengendara.

BACA JUGA:Mau Hadiah Jutaan Rupiah? Ikuti Besok Lomba Melamun Digelar di GCC Dadaha Kota Tasik

Lutut

Apabila menggunakan motor sport bertangki bensin di depan. Pengendara harus selalu menjaga lutut untuk mengapit ringan di tangki agar menjadi tumpuan beban saat berkendara. Jika menggunakan motor tipe matik, pengendara harus memastikan lutut tidak melebihi lebar dari cover body motor, agar terhindar dari terserempet pengendara lain.

Kaki 

Khusus tipe motor sport, kaki kanan harus selalu bersiap di atas pedal rem belakang dan kaki kiri selalu berada di atas perseneling gigi. Tujuannya adalah agar kita selalu bersiap dalam pengoperasian dan tidak tersangkut oleh footstep dan tuas rem atau tuas perseneling ketika terjatuh. Apabila dalam posisi yang tepat pengendara akan terlepas dari motor dan tidak tertarik saat motor terjatuh.

BACA JUGA:Bikin Petugas Kebersihan DLH Kewalahan, Sampah Berserakan di Pedestrian Cihideung Usai Malam Mingguan

Postur berkendara diatas merupakan kunci dari teknik dasar yang lainnya saat berkendara karena dengan menjaga postur berkendara tidak akan cepat lelah dan tetap nyaman saat berkendara. Selain itu, pengendara pun harus selalu menjaga perilaku berkendara agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain agar generasi muda selalu terjaga dan bisa meraih mimpi dengan cara #Cari_Aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: