KEREN, Jabar-Jakarta Bakal Punya MRT Baru Senilai Rp 160 Triliun, Ini Rute MRT East-West

KEREN, Jabar-Jakarta Bakal Punya MRT Baru Senilai Rp 160 Triliun, Ini Rute MRT East-West

Ilustrasi Jabar-Jakarta bakal punya MRT East-West senilai Rp 160 triliun.--MRT Jakarta- -

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Kabar gembira! Jabar-Jakarta bakal punya MRT baru senilai Rp 160 triliun. Pembangunan MRT (Moda Raya Terpadu) baru dimulai tahun depan.

Rencananya MRT baru akan memiliki rute Tomang – Dukuh Atas – Senen – Perintis – Medan Satria – Kabupaten Bekasi – Cikarang, Kota Bekasi.

Megaproyek MRT baru atau angkutan umum massal perkotaan koridor Barat-Timur (MRT East-West) ini sudah disepakati Pemerintah Provinsi Jabar, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kota Bekasi.

Kesepatakan itu ditandatangani antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono di Gedung Sate, Jumat 17 Februari 2023.

BACA JUGA: LINK Pemilihan Titik Lokasi Ujian CPPPK, Jadwal Cetak Kartu Peserta Ujian CPPPK Kemenag Mulai Hari Ini

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan program ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mulai membangun MRT dari jalur barat Provinsi Banten hingga Jabar.

”Ini adalah arahan Bapak Presiden untuk memulai pembangunan MRT jalur barat ke timur. Baratnya dimulai dari Provinsi Banten Balaraja, DKI di Tomang, masuk ke Kota Bekasi dan terus ke Cikarang, Kabupaten Bekasi,” ungkap gubernur.

Kang Emil —sapaan Ridwan Kamil— berharap dengan adanya moda transportasi ini bisa membuat warga Bekasi beralih menggunakan transportasi massal.

”Mudah-mudahan dalam hitungan tahun yang tidak terlalu lama, kita harapkan puluhan ribu warga Kota Bekasi yang biasa naik mobil bisa beralih ke transportasi massal,” ujarnya.

BACA JUGA: TAMBAH KEREN, Jika Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Tersambung Jalan Mulus Hingga Karang Resik

Hal ini, tambah dia, bisa mengurangi beban ekonomi dan menjadikan ekonomi lebih maju karena pergerakannya lebih cepat.

Sementara Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan kehadiran MRT East-West untuk memastikan komitmen pembangunan transportasi massal.

”Saya hadir di sini memastikan komitmen membangun MRT untuk semua. Dan nanti 2024 sudah mulai pembangunan,” ujar Heru.

Proyek pembangunan MRT East–West diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 160 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: