KEREN! Harga CNG Lebih Murah dari BBM Subsidi, Hemat Banget, Untuk Perjalanan 100 KM Cukup Rp 11.250

KEREN! Harga CNG Lebih Murah dari BBM Subsidi, Hemat Banget, Untuk Perjalanan 100 KM Cukup Rp 11.250

Segini umur tangki CNG yang akan digendong sepeda motor yang mengalami konversi bahan bakar compressed natural gas.--PT Pertamina--

BACA JUGA: Keren Banget! Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Cocok Buat Lokasi Ngabuburit

”Daya tempuh juga kompetitif dengan kendaraan lainnya. Oleh karena itu, Gasku dapat menjadi pilihan energi di masa transisi menuju penggunaan energi baru terbarukan,” ujar dia saat mengunjungi booth PGN di IIMS 2023, Kamis 16 Februari 2023.

Fadjar menambahkan pengguna Gasku akan merasakan efisiensi biaya. PGN menyediakan BBG dengan harga Rp 4.500 per liter setara premium (LSP), sehingga dengan harga ini cukup terjangkau.

Kendaraan yang telah dikonversi menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) Gasku tetap dapat menggunakan BBM karena operasi bahan bakar menjadi dual fuel (kombinasi BBM dan gas).

Untuk penggunaannya setiap kendaraan akan dipasang converter kit untuk bisa menggunakan CNG yang tersimpan dalam tabung.

BACA JUGA: Keren! Tekan Inflasi Kota Banjar, Pemkot Lakukan Ini

”Pengguna bisa fleksibel dalam memilih bahan bakar. Dengan menggunakan BBG, maka pengguna bisa lebih berhemat. Terlebih lagi, Gasku akan menambah jumlah bahan bakar kendaraan, sehingga jarak yang ditempuh dapat lebih jauh,” jelas dia.

Fadjar menerangkan penggunaan Gasku pada sepeda motor dapat meningkatkan kesejahteraan atas potensi penghematan harga bahan bakar hingga 55% setara Rp 5 juta per tahun (konsumsi 2.5 liter BBM Pertalite per hari).

Selain itu, Gasku bermanfaat untuk membantu menekan beban subsidi BBM dan ketergantungan impor BBM setara 91 ribu kilo liter per tahun (untuk 100.000 unit sepeda motor).

Komposisi utama Gasku adalah metana, menjadikan Gasku ramah lingkungan karena metana termasuk bahan bakar bersih beroktan tinggi.

BACA JUGA: Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Akan Terkoneksi dengan Tol Terpanjang di Indonesia

Maka. Gasku memberikan manfaat performa mesin yang baik dan gas buang yang ramah lingkungan. 

Gasku juga rendah emisi, sehingga menjadikan mesin lebih bersih dan bebas asap.

Dengan mempertahankan kualitas manfaat BBG yang hemat dan ramah lingkungan, PGN siap memasifkan BBG untuk kendaraan umum, sepeda motor dan truk/bus.

Sebelumnya, BBG kebanyakan dipakai oleh bajaj, taksi, kendaraan penumpang, dan Trans Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: