Good By KTP Elektronik! Dukcapil Targetkan 50 Juta Penduduk Miliki KTP Digital, Apa Saja yang Ada Aplikasi IKD

Good By KTP Elektronik! Dukcapil Targetkan 50 Juta Penduduk Miliki KTP Digital, Apa Saja yang Ada Aplikasi IKD

Ditjen Dukcapil Kemendagri ganti KTP elektronik dengan KTP digital melalui Aplikasi IKD (Identitas Kependudukan Digital)-Ilustrasi Kemendagri-

BACA JUGA: Ayok Segera Ikuti Audisi Aksi Indosiar 2023, Cek Link Pendaftaran dan Persyaratannya di Sini!

Target ini juga berlaku bagi Dinas Dukcapil di 514 kabupaten kota di Indonesia.

”Mari kita bertransformasi ke KTP digital. Target tahun ini 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital di hapenya,” kata Zudan.

Untuk mendaftarkan aplikasi IKD, harus didampingi petugas Dukcapil karena memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

”Sekali datang pemohon bisa langsung dapat KTP Digital, dokumen kependudukan lainnya seperti KK dan lainnya sudah bisa langsung dipindahkan data digitalnya ke hape pemohon,” jelas dia.

BACA JUGA: Mau Nambah Penghasilan? Ini 5 Ide Usaha Rumahan Trend 2023, Yuk Produktif

Apa Saja yang Ada Aplikasi IKD?

Wartawan radartasik.com sudah mendaftarkan KTP digital melalui Aplikasi IKD pada Sabtu 11 Februari 2023.

Dipandu operator Dinas Kepedudukan Kota Tasikmalaya, pergantian KTP Elektronik ke KTP digital cukup mudah. Waktunya tidak sampai 10 menit. Jika tidak terjadi kendala.

Di Aplikasi IKD ternyata bukan hanya ada KTP digital. Ada data keluarga juga. Begitu ’diklik’, data keluarga langsung menampilkan status pemilik akun (kepala keluarga, istri dan anak).

BACA JUGA: Dorong Aktivitas Ekonomi Nelayan di Labuan Bajo, BRI Peduli Salurkan Bantuan Mesin Kapal

Di kategori dokumen terdapat empat instansi pemerintah yang sudah terintegrasi dengan Aplikasi IKD. Misalnya, Kementerian Kesehatan menampilkan data vaksin Covid-19.

Sayangnya data vaksin ini belum sepenuhnya sinkron dengan Aplikasi PeduliLindungi. Di Aplikasi IKD baru vaksin muncul data vaksin pertama dan kedua. Padahal di Aplikasi PeduliLindungi sudah langkap sampai booster.

Instansi lain yang sudah terintegrasi dengan Aplikasi IKD adalah Kementerian Keuangan (NPWP), KPU (Kartu Pemilih) dan BPJS Kesehatan (Kartu Indonesia Sehat).

Apa lagi yang ada Aplikasi IKD? Biar paham, segera daftar pergantian KTP elektronik dengan KTP digital di Aplikasi IKD!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: