Sederhana Namun Menghasilkan, Areal Tempat Sampah Jadi Kebun Anggur di Pangandaran

Sederhana Namun Menghasilkan, Areal Tempat Sampah Jadi Kebun Anggur di Pangandaran

Tahmo, ketua kelompok Taruna Mekar Bayu, sekaligus penggagas kebun anggur di Pangandaran saat memperlihatkan buah anggur.-Istimewa-radartasik.disway.id

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM – Warga Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang, Kabupaten PANGANDARAN, Tahmo Cahyono (50), sukses membuat kebun anggur sederhana namun menghasilkan.

Lahan kebun anggurnya itu sebetulnya merupakan tempat pembuangan sampah. "Iya itu milik paman saya, lokasinya di pinggir sawah," ungkapnya saat dihubungi Radar, Jumat 03 Februari 2023.

Lahan tempat sampah jadi kebun anggur di Pangandaran ini seluas 30 bata. "Dulu tempat pembuangan sampah warga setempat, tahun 2021 saya ubah jadi kebun anggur," jelasnya.

Awal mula ketertarikan untuk menanam buah anggur, selain untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah, Tahmo sebetulnya menyukai buah anggur. Sehingga meski dengan konsep sederhana namun menghasilkan. "Buahnya eksotis dan kaya akan manfaat," katanya.

BACA JUGA:WASPADA! Dugaan Percobaan Penculikan Siswa SD Terjadi di Ciamis

Ia mengatakan bahwa peminat buah anggur Padaherang itu umumnya konsumen dari Pangandaran. Untuk nilai jualnya Rp50 ribu per kilogram. "Biasanya kalau harga buah itu, fluktuasinya tidak akan signifikan," jelasnya.

Sementara untuk anggur yang dipetik sendiri di kebun secara langsung harganya Rp100 ribu per kilogram. "Tergantung jenis buah yang dipetik bisa sampai Rp150 ribuan per kilogramnya," ucapnya.

Tahmo mengatakan, kebun anggur yang didirikan bekas tempat sampah itu tumbuh subur bahkan saat panen buahnya melimpah. "Kalo panen 1 tahun 2 kali. Sekali panen 1 kwintal buah anggur," jelasnya.

Sejauh ini Tahmo mengaku tidak menjual ke luar daerah karena saat ini sudah ada pembeli yang sengaja datang sendiri. "Kami memang sasar target memenuhi pasar yang ada di Pangandaran," tuturnya.

BACA JUGA:Begini Cara Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp1 Juta Tanpa Aplikasi dan Tanpa Link

Tahmo dipercaya sebagai ketua di kelompok Taruna Mekar Bayu, sekaligus penggagas kebun anggur Pangandaran. "Kami kembangkan juga budidaya anggur. Inovasi produk unggulan komoditas anggur pertama di Pangandaran dengan berbagai jenis anggur," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: