Chaidar Siswa SMAS Darul Hikam Internasional Ikut Terbangkan Roket di Amerika

Chaidar Siswa SMAS Darul Hikam Internasional Ikut Terbangkan Roket di Amerika

Simulasi penerbangan roket yang diikuti siswa SMAS Darul Hikam Internasional di Amerika Serikat.-Foto:tangkapanlayar/[email protected]

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Presetsai gemilang kembali ditorehkan oleh putra bangsa. Namanya Chaidar siswa SMAS Darul Hikam Internasional ikut terbangkan Roket di Amerika.

Meskipun penerbangan roket tersebut hanya simulasi, namun Chaidar Nadif Prasetya, merasakan bahwa pembenahan itu betul-betul seperti penerbangan untuk roket asli.

Segala sesuatu mulai dari persipana dilakukan seperti akan menerbangkan roket yang asli. Hal ini bagi Chaidar merupakan satu pengalaman yang sangat berharga.

Keikutsertaan Chaidar dalam penerbangan roket ini berawal dari keikutsertaannya pada program “Youth Space Camp Exchange 2022” bertempat di Pusat Antariksa & Roket di Huntsville Alabama Amerika Serikat.

BACA JUGA:Usulan Masa Jabatan Kades 9 Tahun Direspons Presiden Jokowi

Bersama 26 siswa dari berbagai negara dan berbagai benua, mengikuti kegiatan selama 16 hari untuk belajar tentang berbagai macam hal berkaitan dengan dunia antariksa.

Nama penerbangan simulasi roket tersebut adalah Extended Duratioan Missions (EDM), hal yang dilakukan adalah dimulai dari mempersiapkan mesin roket, kendali roket, problem solving dan lainnya.

Penerbangan roket si usai ini betul-betul dilakukan seperti nyata untuk penerbangan roket, sehingga seluruh peserta merasakan betul-betul apa yang dirasakan oleh para astronom di NASA.

“Simulasinya seperti betulan, kita juga di tes berbagai macam hal, kemampuan komunikasi, problem solving, dan banyak lainnya. Setelah terbangkan roket itu, lega sekali rasanya,” ungkap Chaidar dikutip dari akun @didsdikjabar.

BACA JUGA:Hari Ini Bek Kelahiran Belanda Sah Jadi WNI, Perkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday

Pelajaran berharga lainnya yag didapat Chaidar tidak hanya sekadar tentang penerbangan roket saja, namun juga pengetahuan lain tentang antariksa, teknik aerob pace, praktik berbasis STEM juga membuat project berkelanjutan.

Keikutsertaan Chaidar mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah.

Kepala Sekolah SMAS Darul Hikam Internasional, Binar Kasih Sejati, menyampaikan rasa bangga atas apa yang diraih oleh peserta dididiknya. 

Sumber: