Hari Ini Bek Kelahiran Belanda Sah Jadi WNI, Perkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday

Hari Ini Bek Kelahiran Belanda Sah Jadi WNI, Perkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday

Shayne Pattynama mencium bendera Merah Putih didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.-PSSI-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Shayne Elian Jay Pattynama alias Shayne Pattynama, bek kelahiran Belanda sah jadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Dia diambil sumpahnya sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Selasa 24 Januari 2023.

Saat diambil sumpahnya, ia ditemani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

”Alhamdulillah Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya,” kata Mochamad Iriawan seperti dilansir laman PSSI.

BACA JUGA: Siapa Shayne Pattynama?

”Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita. Terima kasih kepada Bapak Presiden juga kepada DPR, Komisi III, Komisi X, Menpora, dan semua,” ujar dia.

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasi pemain yang lahir di Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998, itu disetujui DPR RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengabarkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

BACA JUGA: Persib Jadi Bidikan Klub-Klub, Para Pemain Siapkan Mental, karena Persaingan Liga 1 Semakin Ketat

Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa perkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengatakan dengan ini Shayne resmi sebagai Wni sebagaimana tercantum dalam surat keputusan.

”Saya berharap agar Shayne menjadi warga negara Indonesia yang baik, bisa berkontribusi khususnya dalam persepakbolaan Indonesia. Kita merindukan tim sepak bola di tingkat yang lebih tinggi. Saya yakin dia bisa membawa tim Indonesia menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Kembali ke Shayne, ia amat bangga telah menjadi warga Indonesia. Dia membayangkan ayahnya pasti juga satu rasa dengannya.

Sumber: