Satu Blok Kios Pasar Burung Hangus Imbas Kebakaran Pasar Besi Kota Tasikmalaya

Satu Blok Kios Pasar Burung Hangus Imbas Kebakaran Pasar Besi Kota Tasikmalaya

Satu blok kios Pasar Burung ikut terbakar, Rabu 04 Januari 2023. - Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMDinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya telah memastikan satu blok kios Pasar Burung hangus imbas kebakaran Pasar Besi Kota Tasikmalaya yang total jumlahnya mencapai 151 kios. 

Insiden kebakaran Pasar Besi Kota Tasikmalaya pada Rabu 04 Januari 2023 pagi itu, berimbas pada satu blok kios Pasar Burung yang berlokasi di belakang Pasar Besi.

"Kaitan total kerugian masih kita hitung juga. Ini yang terbakar tak hanya kios pedagang besi. Karena di belakangnya juga ada kios Pasar Burung. Totalnya 151 kios yang terbakar," ungkap Kadis KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, Apep Yosa Firmansyah di lokasi kejadian, Rabu siang.

"Jadi beberapa blok kios Pasar Besi dan satu blok di Pasar Burung. Di lokasi Pasar Burung tak semua terbakar, masih dapat tertangani," sambungnya.

BACA JUGA:151 Kios Terbakar di Pasar Besi Cikurubuk Kota Tasikmalaya Pagi Tadi

Pihaknya sudah menghitung bersama UPTD Pasar jumlahnya 151 kios terbakar di Pasar Besi dan Pasar Burung. 

"Langkah kita pertama kaitan pengamanan kawasan pasca terjadi kebakaran. Ada tenda petugas jaga keamanan karena barang-barangnya masih ada yang layak mempunyai nilai ekonomis dan bisa diselamatkan," terangnya.

Terutama, beber dia, di lokasi kios Pasar Besi bagian depan. Masih ada besi-besi, dongkrak dan alat-alat kendaraan bermotor. 

"Langkah pengamanannya Pemkot melibatkan Satpol PP bersama para pedagang pasca kebakaran dan dengan Polres yang sedang menyelidiki asal muasal kebakaran," bebernya.

BACA JUGA:Ratusan Kios Pasar Besi Kota Tasikmalaya Terbakar, Kerugian Mencapai Miliaran Rupiah

Dia menambahkan, terkait penyebab kebakaran hingga kini masih diselidiki pihak Kepolisian. 

Dinas KUMKM Perindag juga tengah mencari solusi agar pedagang bisa kembali berjualan. “Akan kita rundingkan apakah akan tetap di lokasi itu atau bagimana. Yang pasti kaitan Indag untuk retribusi kiosnya kita tangguhkan untuk yang terbakar," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: