TNI AD Tegas! Tolak 100 Pulau Dijual di Situs Lelang Asing, Langsung Mengirimkan Pasukan ke Kepulauan Widi

TNI AD Tegas! Tolak 100 Pulau Dijual di Situs Lelang Asing, Langsung Mengirimkan Pasukan ke Kepulauan Widi

TNI AD melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 1509/Labuha mengerahkan prajurit mengibarkan bendera merah putih di Kepulauan Widi. TNI AD secara tegas menolak Kepulauan Widi dijual di situs asing. Foto: ist/Palpres--

Pasukan yang dikerahkan melakukan pengibaran Bendera Merah putih, dan mengecat beberapa rumah berwarna merah dan putih selaras dengan warna bendera Republik Indonesia.

Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul mengatakan, aksi di Kepulauan Widi ini dilakukan sebagai tanda bahwa TNI AD tidak main-main dengan kedaulatan negara, karena setiap jengkal tanah milik Indonesia akan tetap selamanya milik Indonesia.

Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul menegaskan, seusai dengan Undang-Undang yang berlaku sudah menjelaskan bahwa wilayah Indonesia tidak bisa diperjualbelikan dan hanya bisa untuk dikelola secara berkala dan berizin resmi.

"Kami dari TNI AD khususnya Kodim 1509/Labuha akan mengamankan Aset Milik Negara dan perlu kita turun tangan karena ini masalah kedaulatan negara, kita berharap tidak lagi terjadi hal-hal seperti ini," ujar Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul.

Sebanyak 100 pulau di Kepulauan Widi akan dijual melalui lelang di luar negeri. 

Pulau-pulau di Kepulauan Widi dilaporkan akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika.

Ada lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi, atau yang akan dijual melalui lelang. 

Pulau itu disebut Widi Reserve, yang tersebar di kawasan seluas 10.000 hektar.

Kepulauan Widi adalah gugusan pulau kecil yang terletak di Maluku Utara. 

Kepulauan Widi merupakan destinasi wisata dengan keindahan hamparan pasir putih.

Hukum Indonesia mengatakan bahwa non-warga negara Indonesia (WNI) tidak dapat secara resmi membeli pulau di negara tersebut. 

Namun, pembelian Kepulauan Widi disiasati dengan membuat pemilik akhirnya mengakuisisi saham di PT Leadership Islands Indonesia (LII).

Wakil Presiden Eksekutif untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Sotheby's Concierge Auctions Charlie Smith menjelaskan, tawaran untuk Kepuluan Widi menjadi besar. 

“Setiap miliarder dapat memiliki pulau pribadi, tetapi hanya satu yang dapat memiliki kesempatan eksklusif ini yang tersebar di lebih dari 100 pulau,” kata Smith dalam pernyataan pers.

Melalui situs Sotheby's Concierge Auctions, lelang Kepulauan Widi akan dibuka pada 8 Desember pukul 04.00 Eastern Standard Time (EST) atau pukul 16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.disway.id