TNI AD Tegas! Tolak 100 Pulau Dijual di Situs Lelang Asing, Langsung Mengirimkan Pasukan ke Kepulauan Widi

TNI AD Tegas! Tolak 100 Pulau Dijual di Situs Lelang Asing, Langsung Mengirimkan Pasukan ke Kepulauan Widi

TNI AD melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 1509/Labuha mengerahkan prajurit mengibarkan bendera merah putih di Kepulauan Widi. TNI AD secara tegas menolak Kepulauan Widi dijual di situs asing. Foto: ist/Palpres--

JAKARTA, RADARTASIK.COM— Sikap TNI AD tegas ditunjukkan dengan mengirimkan pasukan ke Kepulauan Widi di Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

TNI AD menolak 100 pulau dijual di situs lelang asing

Adapun 100 pulau dijual di situs lelang asing itu berada di gugusan Kepulauan Widi. 

Kepulauan Widi sendiri masuk wilayah administratif Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Informasi bahwa Kepulauan Widi dijual di situs asing menghebohkan publik. 

TNI AD langsung dengan tegas menolak rencana 100 pulau dijual di situs asing tersebut.

Melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 1509/Labuha, TNI AD mengerahkan prajurit mengibarkan bendera merah putih di Kepulauan Widi. 

Langkah tersebut sebagai bentuk penegasan dari militer Indonesia bahwa Kepulauan Widi adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Juga menegaskan bahwa Kepulauan Widi tidak dijual.

"Seperti kita ketahui, salah satu situs asing menempatkan Kepulauan Widi yang akan dijual," kata Dandim 1509/Labuha, Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul, Selasa 6 November 2022.

Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul berkata demikian terkait maraknya informasi bahwa Pulau Widi akan dilelang di salah satu situs Sotheby's Concierge Auctions Amerika Serikat. 

Kepulauan Widi berada di wilayah Konservasi Terumbu karang, bakau, dan ikan, sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 102/KEPMEN-KP/2020.

Kepulauan Widi masuk wilayah administratif Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan.

Letkol Kav Romy Parnigotan Sitompul mengatakan, pasukan TNI AD dari Kodim 1509/Labuha yang dikerahkan berkekuatan satu SST yang dikomandoi oleh Danramil 1509-04/Maffa Letda Inf Samuel Anu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.disway.id