LPAI Beri Penghargaan Atas Usaha Polres Tasikmalaya, Pemkab dan KPAID Dirikan LPKS

LPAI Beri Penghargaan Atas Usaha Polres Tasikmalaya, Pemkab dan KPAID Dirikan LPKS

Kak Seto Mulyadi usai meberikan penghargaan kepada beberapa unsur yang telah berkontribusi dalam pembentukan Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) di GPW Polres Tasikmalaya Selasa 6 Desember 2022. -ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Polres Tasikmalaya mendapat apresiasi dan penghargaan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)atas kinerjanya melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi Anak.

Selain itu LPAI beri penghargaan dan mengapresiasi atas usaha Pemkab Tasikmalaya dan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAID) Tasikmalaya yang mendukung berdirinya Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS).

LPKS hadir bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), termasuk  bagi anak berhadapan dengan hukum.

Contoh kasus anak berhadapan dengan hukum yaitu memunculkan sosok Arul, yang diangkat dalam sebuah film berjudul Arul Hadiah Terbaik.

 BACA JUGA:Menyentuh Hati, Ini yang Dilakukan Kapolres Banjar setelah Mendengar Cuhrat PKL, Pengemis dan Abang Becak

Polres Tasikmalaya juga dinilai mampu mengedepankan pelayanan yang humanis ketika melakukan penanganan kasus-kasus yang bersentuhan dengan anak. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kak Seto Mulyadi di Gedung Pertemuan Warga (GPW) Polres Tasikmalaya. 

"LPAI yang terbentuk dari tahun 1998 ini memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan oleh jajaran dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya termasuk juga Polres Tasikmalaya,," kata Kak Seto.

Melalui LPKS ini telah memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mendapatkan perlindungan lingkungan yang lebih kondusif.

BACA JUGA:Walah, Muncul Baligo ASN Jadi Calon Bupati, Begini Sikap Bawaslu 

Sehingga mereka berkesempatan menjadi anak-anak yang berpotensi positif, bahkan mungkin menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan. 

"Kami mengapresiasi film 'Arul Hadiah Terbaik'  karena ini juga menunjukkan kepedulian Polri yang menjadi sahabat anak Indonesia. Dimana keberadaan Polri untuk anak-anak yang berhadapan dengan hukum, walau bagaimana pun mereka tetap anak yang bisa dibina dan diselamatkan masa depannya," jelas dia.

Sementara Wakapolres Tasikmalaya Kompol Alan Haikal menjelaskan, Polres Tasikmalaya sengaja membuat LPKS sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. 

LPKS ini akan menampung anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Dimana prosesnya mengedepankan tindakan humanis bukan penindakan hukum secara represif terhadap anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: