Stop Buang Sampah Secara Liar! Warga Sukajaya RW 013 Kampanyekan Aksi Bela Lembur

Stop Buang Sampah Secara Liar! Warga Sukajaya RW 013 Kampanyekan Aksi Bela Lembur

Aksi Bela Lembur, tema gerakan warga Sukajaya RW 013 Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi dalam membersihkan lingkungan dari sampah, Minggu 04 Desember 2022.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMAksi Bela Lembur, menjadi tema dalam gerakan warga Sukajaya RW 013 Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi dalam membersihkan lingkungan dari sampah.

Gerakan warga dengan tema Aksi Bela Lembur ini sengaja digalakan, mengingat areal kampung mereka hanya dikotori tumpukan sampah oleh oknum warga tak bertanggung jawab.

Oknum warga dengan seenaknya membuang sampah, tentu saja dengan tegas dikecam warga Sukajaya RW 013. Bagaimana tidak, Jalan RE Djaelani, tepatnya di Blok RT 02 yang masuk RW 013 ini hanya dipenuhi sampah.

Lokasi yang tidak jauh dari Simpang Jalan Selaawi-Pasar Cikurubuk itu, tampak kumuh dan lusuh. Warga sudah dengan susah payah menghalau agar tidak ada oknum warga membuang sampah sembarangan lewat tulisan dilarang buang sampah.

BACA JUGA:Amara Rababu, Sejarah Peteng Galunggung Jadi Pagelaran Drama Teater Dongkrak Tasikmalaya

Namun hal itu tak mempan. Oleh kareanya, gerakan ini menjadi sebuah ikhtiar warga untuk menolak membuang sampah secara liar.

Mereka mengampanyekan aksi ini agar tidak lagi terjadi tindakan membuang sampah sembarangan.

Acara ini melibatkan seluruh warga kemudian turun ke jalan membersihkan tumpukan sampah.

Ketua RW 013 Abah Irwan menggelar gerakan ini secara terbuka. Pertama dirinya bersama warga menggelar aksi bersih-bersih lingkungan. Selanjutnya orasi sosial melalui pengeras suara sambil mengajak masyarakat Kota Tasikmalaya untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:Buruan Melamar, Belle Rose Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk 5 Posisi Ini, Cek Persyaratan Lengkapnya di Sini

“Salah satu gerakan yang tepat adalah tidak membuang sampah secara liar. Kami mengajak semua masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ajak Abah Irwan.

Acara Aksi Bela Lembur dilanjutkan dengan hiburan rakyat. Di lokasi Jalan RE Djaelani ini arus lalu lintas sempat terganggu. 

“Mohon maaf kepada pengguna jalan, kenyamanan berkendara sempat terganggu. Aksi Bela Lembur ini demi kita semua, demi menjaga kebersihan lingkungan Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Abah Irwan juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan rasa tanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan. “Stop buang sampah secara liar!” pesan dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: