BPD Kecamatan Bojongasih Ikut Bimbingan Teknis Peningkatan SDM Dalam Penyusunan Produk Hukum Desa

BPD Kecamatan Bojongasih Ikut Bimbingan Teknis Peningkatan SDM Dalam Penyusunan Produk Hukum Desa

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Bojongasih, Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan peningkatan kapasitas melalui kegiatan Bimbingan Teknis di Mess Pemda Cipatujah.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM -  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Bojongasih ikut bimbingan teknis dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas di Aula Mess Pemda Sindangkerta Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 23 November 2022. 

Melalui bimbingan teknis ini diharapkan peningkatan SDM dalam penyusunan produk hukum desa meningkat serta mampu secara maksimal dalam pengelolaan aset desa.  

Hadir dalam kegiatan ini Camat Bojongasih Memed Nuryadin, Ketua Apdesi Kecamatan Bojongasih H. Subhan Sopari, Kades Toblongan Diding Solehudin, Kades Mertajaya Agus Saepulrohman, Kades Girijaya Yoyo Mulyana, Kades Cikadongdong Sumarna dan Kades Sindangsari A.Badrudin. 

"Kegiatan bimtek dan pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan Permakades se-kecamatan Bojongasih dengan jumlah peserta 34 orang yakni para anggota BPD dari 6 Desa di Kecamatan Bojongasih," jelas Ketua Panita Pelaksana, Suhendar, melalui sambungan telepon, Rabu 23 November 2022.

BACA JUGA:Mau Bimbel Ujian Pembuatan SIM di Sekolah atau Kantor Kelurahan dan Desa? Simak Caranya

Tambah dia, sumber anggaran pelaksanaan bimtek yakni dari APBDes TA 2022 yang berasal dari Banprov Jawa Barat. 

Kegiatan pelatihan ini diharapkan para anggota BPD lebih menguasai pemahaman dasar hukum serta pedoman penyusunan produk hukum desa dan pengelolaan aset desa masing-masing.  

"Disamping itu untuk memberikan fasilitasi dan koordinasi antar BPD di Kecamatan Bojongasih dalam menghadapi permasalahan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan desa," kata dia.

Sementara Camat Bojongasih, Memed Nuryadin sangat berterimakasih atas terlaksananya kegiatan peningkatan kapasitas bagi anggota BPD.

BACA JUGA:Jangan Takut Gagal Ujian Pembuatan SIM, Polres Tasikmalaya Kota Punya Trik Jitu dan Gratis Lho...! 

Camat berharap, seluruh anggota BPD dapat memberikan pemahaman dan membangun sinergitas untuk memajukan desa masing-masing. 

"Khususnya untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan kewenangan dan peraturan perundang-undangan," kata dia. 

Kegiatan pelatihan dan Bimtek bagi BPD se-Kecamatan Bojongasih ini dilaksanakan dengan narasumber Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tasikmalaya.

Antusias dan dinamika peserta dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi. Hal ini tampak dari sesi tanya jawab yang begitu dinamis, serta semangat peserta dalam memahami materi dan situasi di wilayah desa masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: