Bencana Alam di Kabupaten Ciamis Melanda 3 Kecamatan, Rumah dan Madrasah Rusak

Bencana Alam di Kabupaten Ciamis Melanda 3 Kecamatan, Rumah dan Madrasah Rusak

Bencana alam di Kabupaten Ciamis, diantaranya, Kecamatan Panawangan, Panjalu dan Sukamantri Kabupaten Ciamis, Jumat-Sabtu 18-20 November 2022. Foto: istimewa--

CAMIS, RADARTASIKI.COM – Hujan yang melanda sejak Jumat-Sabtu (18-20/11/2022) mengakibatkan terjadinya bencana alam di Kabupaten Ciamis, diantaranya, Kecamatan Panawangan, Panjalu dan Sukamantri Kabupaten Ciamis

Akibatnya kejadian bencana alam di Kabupaten Ciamis, empat bangunan rusak tertimpa material longsoran yang terdiri dari tiga rumah dan satu madrasah.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Odin Nugraha mengatakan, kejadian bencana alam di Kabupaten Ciamis terjadi pada Jumat di Panawangan. 

Lokasi kejadiannya di dua tempat yang sama, TPT ambruk menimpa dua rumah hingga jebol. Rumah yang pertama milik Hendra Mulyana (40) warga Dusun Panawangan RT/RW 05/01 Desa Panawangan.

BACA JUGA: Asyiknya! Sudah Resmi Harga BBM Turun, Harga Minyak Dunia juga Turun, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini

BACA JUGA: Final, Sudah Resmi Harga BBM Turun, Ini Tips Hemat BBM dan Daftar Harga BBM Hari Ini 21 November 2022

Rumah keduanya milik Emed (50) warga Dusun Puhun RT/RW 011/011 Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan. “Keduanya terpaksa mengungsi karena rumahnya jebol, upaya kami bersama TNI, Pollri, aparat desa dan masyarakat membantu melakukan evakuasi material,” papanya.

Anggota Tagana Ciamis Kecamatan Sukamantri Adel menambahkan, memang benar di wilayahnya terjadi bencana longsor. 

Di mana tanah longsor itu menimpa dinding ruangan kamar mandi Madrasah AlIrfan yang mengakibatkan roboh di Dusun Ciuncal RT/RW 001/014 Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri.

Dia menambahkan, untuk kronologisnya itu saat hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tanggul kolam ikan yang letaknya tepat persis di atas madrasah roboh hingga material tanah runtuhan galengan kolam ikan tersebut menimpa dinding ruangan WC madrasah.

BACA JUGA: Cek SPBU! Sudah Resmi Harga BBM Turun, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini 20 November 2022

BACA JUGA: Wah, Sudah Resmi Harga BBM Turun, Cek SPBU di 34 Provinsi, Ini Daftar Harga BBM Hari Ini 20 November 2022

Anggota Tagana Panjalu Mumu menambahkan, longsor yang terjadi di Dusun Cioamas Desa Panjalu berdampak terhadap satu rumah milik Ujang tertimpa longsor dan bagian belakang rusak. 

“Upaya kami sudah membersihkan material reruntuhan bersama masyarakat, kepolisian, TNI dan pihak desa,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: