Indonesia Alami Peningkatan Kasus Covid-19, Kelompok Lansia Capai Angka Kematian Tertinggi

Indonesia Alami Peningkatan Kasus Covid-19, Kelompok Lansia Capai Angka Kematian Tertinggi

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Foto: Setpres--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Indonesia alami peningkatan kasus Covid-19 dan kelompok lansia capai angka kematian tertinggi.

Kasus Covid-19 saat ini di Indonesia tengah meningkat hingga 3 kali lipat dari sebelumnya. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tingkat tertinggi kematian kasus Covid-19 ada pada lansia.

Dalam siaran pers pada hari Kamis 10 November 2022, Budi Gunadi Sadikin mengatakan masyarakat harus segera mendatangi layanan kesehatan untuk mendapat vaksin Booster.

"Masyarakat kami imbau untuk segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapat vaksin Booster. Terutama bagi kelompok lansia," ujar Budi Gunadi Sadikin.

Dikutip dari Disway.id, Budi Gunadi Sadikin juga menyebutkan bahwa kelompok lanjut usia memiliki faktor risiko yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak, sehingga vaksin ini sangat penting untuk melindungi dari terpaparnya kasus Covid-19.

Angka kasus Covid saat ini tercatat sebanyak 10.639 jumlah pasien dengan memiliki gejala sedang, berat, hingga kritis.

Sebanyak 74 persen di antaranya belum mendapatkan vaksin Booster Covid-19, hingga saat ini tercatat sebanyak 1.373 pasien telah meninggal dunia pada periode yang sama.

Saat ini telah tercatat kematian tertinggi akibat Covid-19 ada pada kelompok lansia dan 50 persen lansia ini belum mendapatkan vaksinasi.

Kemenkes menganjurkan masyarakat untuk segera vaksin Booster, karena mayoritas pasien covid-19 di rumah sakit mengalami kondisi berat hingga kritis dan pasien yang meninggal terbukti belum mendapat vaksin dosis yang lengkap.

Menteri Kesehatan juga mencatat, dalam kurun sepekan terakhir ini terjadi kenaikan kasus Covid-19 di 30 provinsi yang ada di Indonesia.

Ada 3 provinsi yang telah memenuhi target 50 persen dari lansia, yaitu Provinsi Jawa Barat, Provinsi DKI Jakarta, dan Provinsi Bali.

Adanya kenaikan kasus Covid-19 ini, upaya untuk menurunkan kasus Covid-19 harus selalu dilakukan.

Mulai dari disiplin akan memakai masker ketika bepergian, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, membatasi komunikasi secara langsung, menjaga kontak dengan hewan, hingga waspada apabila mendapatkan gejala-gejala Covid-19 untuk segera konsultasikan kepada bagian pelayanan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id