Rayakan HUT Kota Tasik Ke-21, Disdukcapil Pilih Kegiatan Donor Darah

Rayakan HUT Kota Tasik Ke-21, Disdukcapil Pilih Kegiatan Donor Darah

Asda I Kota Tasikmalaya Drs. H. Riza Setiawan mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Kota Tasikmalaya pada Sabtu 22 Oktober 2022.-Foto:dokradartasik.disway/dokdisdukcapilkotatasik-

KOTA TASIK, RADARTSIK.COM - Perayaan HUT Kota Tasikalaya Ke-21 dirayakan dengan banyak acara. Tidak hanya diselenggarakan oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, namun juga dimeriahkan oleh masyarakat. 

Beberapa kegiatan telah dilaksanakan mulai dari jalan santai, tasyakuran, pawai jampana hingga pagelaran wayang golek. Namun ada yang berbeda dari perayaan HUT Kota Tasikmalaya yang digaga oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya.

Untuk memeriahkan acara HUT Kota Tasikmalaya Ke-21, Disdukcapil melaksanakan donor darah pada Sabtu 22 Oktober 2022, bertempat di Transmart Tasikmalaya.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Dr. H. Imih Misbahul Munir menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Sehingga pihak dinas Disdukcapil lebih memilik merayakan dengan kegiatan sosial donor darah.

BACA JUGA:Ungkap Isi Pertemuan dengan Presiden Jokowi, Anies Baswedan Lapor dan Pamit, Menjaga Adab dan Etika

Dari 330 peserta yag mendaftar untuk donor darah, terpilih sebanyak 205 peserta yang berhasil mendonorkan darahnya.

“Antusias peserta cukup besar, ada 330 yag daftar, namun hasil dari pemeriksaan kondisi kesehatan dan lainnya terkumpul 205 pendonor atau terkumpul 205 labu darah yang langsung kami sumbangkan ke UTD RS Dokter Soekardjo dan ke PMI,” jelas Imih.

Imih juga menyampaikan kegiatan donor darah ini bukan kali pertama, dilaksanakan. Seluruh staf di Disdukcapil sudah sering mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh pihak lain. Namun untuk yang dilaksanakan secara langsung oleh Disdukcapil memamng baru kali ini.

“Ke depannya semoga ini jadi agenda rutin, misalkan kemarin kita tanggal 22 Oktober Hari Santri, Insya Allah nanti tanggal 22 Desember kita laksanakan lagi untuk memperingati Hari Ibu,” ungkapnya.

BACA JUGA:Hampir 90 Persen Orang Indonesia Kekurangan Vitamin D, Akibatnya Kesehatan tulang Bisa Terganggu

Imih ya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendonor yang telah ikut serta dalam kegiaan sosial donor darah.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya, Dra Hj Iga Prabandari yang juga ketua panitia acara donor darah menyampaikan manfaat yang didapat dari donor darah.

Pertama kata Iga, donor darah dapat menjaga ritme jantung dan mengurangi risiko serangan jantung. Kedua menambah serta meningkatkan produksi sel darah merah. Ketiga mengurangi simpanan zat besi yang berbahaya dalam tubuh.

Keempat membantu hidup lebih sehat. Kelima menurunkan berat badan. Keenam mencegah hipertensi dan ketujuh menghindari kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: