Waspadai Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Bisa Muncul Secara Tiba-Tiba

Waspadai Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Bisa Muncul Secara Tiba-Tiba

Ilustrasi gagal ginjal akut yang bisa menyerang anak.-Foto:tangkapanlayar/fin.co.id-

RADARTASIK.COM - Gagal ginjal akut jadi penyebab kematian 11 anak di Bali. Anak-anak tidak berdosa ini sempat menjalani perawatan di RSUP Prof Ngoerah Denpasar.Hal ini harus diwaspadai terutama gagal ginjal aku pada anak yang bisa muncul secara tiba-tiba.

Sementara itu secara total, ada ratusan kasus gagal ginjal akut yang melibatkan anak-anak di Indonesia di sepanjang tahun 2022.

Yang lalu jadi pertanyaan adalah, apa itu gagal ginjal akut pada anak-anak?

Menurut ahli dari Alodokter, gagal ginjal akut adalah penyakit yang muncul tiba-tiba, dan merupakan kondisi yang dapat membahayakan penderitanya.

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja di PLN untuk Lulusan S2, Yuk Cek Kualifikasi dan Persyaratannya, Ditutup 16 Oktober 2022 

Apakah gagal ginjal akut bisa disembuhkan? Untungnya, gagal ginjal akut dapat diobati jika terdeteksi dini, mencegah kerusakan yang disebabkan.

Penyebab dari gagal ginjal akut adalah gangguan pada aliran darah ke ginjal, selain juga karena kerusakan ginjal akibat penyakit lain, atau juga akibat penyumbatan aliran urine. 

Pemicu gagal ginjal akut akibat aliran darah ke ginjal ini, dapat disebabkan oleh dehidrasi berat, diare berat atau juga akibat kehilangan darah yang disebabkan perdarahan. 

Mereka yang punya luka bakar berat, pernah menjalani operasi tertentu, atau menggunakan obat-oabtan tertentu seperti aspirin, ibuporfen, naproxen hingga obat darah tinggi, berpotensi alami gangguan aliran darah ke ginjal, sebabkan gagal ginjal akut.

BACA JUGA:Hingga 21 Oktober 2022, Wilayah Jawa Barat Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada 

Selain karena di atas, gagal ginjal akut akibat gangguan aliran darah ke ginjal dapat disebabkan oleh masalah jantung, seperti gagal jantung dan serangan jantung.  

Mereka yang mengalami sepsis atau syok anafilaktik, juga berpotensi alami gagal ginjal akut akibat gangguan aliran darah ke ginjal. 

Sementara pada kasus gagal ginjal akut akibat penyumbatan saluran urine, hal ini bisa disebabkan oleh keberadaan batu ginjal, tumor di saluran kemih, ginjal dan organ di sekitarnya. 

Mereka yang mengalami perlengketan saluran kemih, pembesaran prostat, gangguan saraf di kandug kemih, atau pernah menjalani operasi panggul, berpotensi alami gagal ginjal akut akibat penyumbatan saluran urine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: