Lulusan Jurusan Geomatika Unjani Punya Peluang Kerja di Perusahaan Besar dan Fasilitas Khusus Jadi TNI

Lulusan Jurusan Geomatika Unjani Punya Peluang Kerja di Perusahaan Besar dan Fasilitas Khusus Jadi TNI

Lulusan Jurusan Geomatika Unjani mempunyai peluang kerja di perusahaan besar dan mahasiswa ada fasilitas khusus jadi TNI.--

CIMAHI, RADARTASIK.COM – Lulusan jurusan geomatika Unjani (Universitas Ahmad A Yani) mempunyai peluang kerja di perusahaan besar.

Saat ini saja lulusan jurusan teknik geomatika Unjani sudah diterima bekerja di berbagai institusi di tanah air, baik pemerintahan maupun swasta.

Di Unjani, jurusan atau program studi (prodi) jurusan teknik geomatika berada di Fakultas Teknik.

Kendati peluang kerjanya begitu luas, saat ini jurusan teknik geomatika masih belum banyak keberadaannya di perguruan tinggi.

BACA JUGA: 50 Jurusan Kuliah Favorit di ITB Bagi Lulusan IPA dan IPS, Jaminan Peluang Kerja Lebih Cerah

”Jurusan geomatika Unjani memang menjadi salah satu jurusan yang sangat prospektif,” kata Dekan Fakultas Teknik Unjani Dr Ir Ferry Rusgiyarto MT seperti dikutip dari jabarekspres.com, Kamis 6 Oktober 2022.

Dia mengatakan di masa era digital seperti sekarang ini, banyak aplikasi fitur pemetaan. Contohnya, aplikasi untuk pengiriman logistik, antar barang. Termasuk untuk pemetaan dan pengukuran tanah.

Menurut dia, saat ini banyak masyarakat menggunakan aplikasi. Seperti untuk pemesanan makanan, itu semua mengandalkan peta digital.

”Cari lokasi tertentu, di mana, pesan apa, kemudian cara bayarnya, dan siapa saja datang, itu mengandalkan peta digital,” katanya.

BACA JUGA: Kenali Perbedaan Jurusan Computer Science dan Jurusan Computer Engineering

Untuk bisa membangun sistem itu dibutuhkan  sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kapasitas mumpuni dan memahami pengetahuan geomatika.

Ferry memaparkan keahlian geomatika saat ini banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar. Bahkan, untuk lulusan geomatika sebetulnya bisa mandiri dengan membuka konsultan jasa pemetaan.

”Potensinya sangat besar, baik untuk masuk pada dunia kerja di industri maupun instansi pemerintah,” jelasnya.

Teknik Geomatika Unjani telah memiliki jaringan luas dan bekerja sama dengan instansi pemerintah dan perusahaan swasta kelas nasional hingga internasional di bidang teknologi survei dan pemetaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jabarekspres.com