Berselang Satu Menit Sebelum Aceh, Gempa 5.4 SR Guncang Wakatobi

Berselang Satu Menit Sebelum Aceh, Gempa 5.4 SR Guncang Wakatobi

Ilustrasi gempa --

WAKATOBI, RADARTASIK.COM - Hanya berselang satu menit sebelum gempa di Aceh, salah satu tujuan wisata Tanah Air, Wakatobi ternyata diguncang Gempa 5.4 Sr

Gempa di Wakatobi Sulawesi Utara terjadi pada 24 September 2022 pukul 03:51:26  WIB hanya dua menit sebelum gempa di Aceh.  

Lokasi gempa berada pada kordinat Lok:5.19 LS,125.59 BT dengan Kedalaman 10 km serta tidak berpotensi tsunami, menurut BMKG.

Sayangnya pihak BMKG tidak memberitahukan dampak dari gempa berkekuatan 5.4 SR yang mengguncang destinasi wisata di Sulawesi Utara ini.

BACA JUGA:BKN Ungkap Temuan Kejanggalan dan Mengejutkan dalam Proses Pendataan Non-ASN, Kok Bisa!

Sebelumnya, Sabtu pukul 03.52 WIB dini hari tadi, pantai selatan Kota Kota Meulaboh, Aceh Barat diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 SR.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa tersebut disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia yang tidak berpotensi tsunami.

Gempa tektonik dengan parameter update magnitudo 6,2 tersebut berlokasi di laut pada jarak 44 Km arah Selatan Kota Meulaboh, Aceh pada kedalaman 53 km dan terletak pada koordinat 3,75 derajat Lintang Utara, 95,97 derajat Bujur Timur.

Daryono, Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan guncangan gempa terasa di daerah Meulaboh, Aceh Selatan, dan Nagan Raya dengan skala intensitas IV MMI.

BACA JUGA:Aceh Barat Diguncang Gempa Magnitudo 6,4, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Guncangan gempa juga dirasakan di daerah Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, dan Simeulue dengan skala intensitas III MMI.

Skala intensitas III MMI adalah getaran yang terasa  di dalam rumah seperti truk yang sedang berjalan.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," terang Daryono dikutip dari FIN.co.id di Jakarta, Sabtu 24 September 2022.

Getaran gempa dirasakan juga di daerah Pidie, Idi, Bireuen, Langsa dan Aceh Tamiang dengan skala intensitas II MMI.

Sumber: disway.id