Waduh! Salawu, Tasikmalaya Longsor, Timpa Rumah dan Jalan Garut-Tasikmalaya, Alat Berat pun Diturunkan

Waduh! Salawu, Tasikmalaya Longsor, Timpa Rumah dan Jalan Garut-Tasikmalaya, Alat Berat pun Diturunkan

Alat berat diturunkan saat membersihkan material longsoran yang menimpa Jalan Garut-Tasikmalaya, Minggu malam, 11 September 2022. Foto: Istimewa --

BACA JUGA: Air Banjir Masuk ke Perumahan di Cisayong, Longsor Terjadi di Ciawi Kabupaten Tasik, Warga Diimbau Waspada

"Sedangkan untuk Kecamatan Rajapolah ini ada satu titik kejadian pohon menimpa fasilitas umum di Desa Dawagung," kata Endang menjelaskan.

Di Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong, akibat banjir luapan sungai terdapat rumah terdampak dan bangunan kontrakan tergenang.

Sedangkan di Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong, 1 rumah rusak akibat banjir. 

BACA JUGA: Innalillahi, Dua Anak Kakak-Adik Tewas Tertimbun Longsor di Ciamis, Batu juga Berjatuhan ke Jalan

Adapun di Desa Mekarwangi Perumahan Griya Abadi Cidahu tergenang dan puluhan rumah tergenang dengan ketinggian 50-70 centimeter.  

"Yang perumahan akibat luapan sungai itu juga jebolnya benteng pembatas perumahan dengan sungai, termasuk area pertanian warga alami kerusakan dan tergenang," kata dia.

Sementara itu berdasarkan data FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, bencana alam di Kabupaten Tasikmalaya ada di 5 titik. Diantaranya, banjir terjadi di Perum Griya Abadi Cisayong akibat luapan aliran Sungai Citanduy. 

BACA JUGA: Innalillahi, Dua Anak Kakak-Adik Tewas Tertimbun Longsor di Ciamis, Batu juga Berjatuhan ke Jalan

Ketinggian air di perumahan tersebut mencapai kurang lebih 50-70 cm, yang mengakibatkan jebolnya benteng, beberapa rumah tergenang, lapisan aspal tergerus dan area pertanian terendam. 

Banjir juga terjadi di wilayah Cisayong. Banjir dari luapan Sungai Cidadap itu memiliki ketinggian air kurang lebih 150 cm. Akibatnya puluhan kolam ambrol, 4 rumah tergenang dan 2 lagi rusak sedang. 

Bencana lainnnya yaitu longsor menimpa rumah di Perum Cikunir Kencana Raya Blok G - Cikadongdong Kecamatan Singaparna. Longsor, disebabkan oleh kontur tanah yang tidak stabil, sehingga 4 rumah terancam. 

Bencana longsor juga terjadi menimpa TPT di Cijemit Rt/RW 003/001 Desa Bugel Kecamatan Ciawi. 

BACA JUGA: Luis Milla Beber Kunci Kemenangan Persib atas Arema FC, Ada Faktor Masuknya Beckham Putra

Selain bencana longsor dan banjir, bencana angin kencang dan hujan deras terjadi di daerah Dawagung- Rajapolah, yang mengakibatkan runtuhnya rumpun bambu hingga menimpa fasilitas umum atau jalan raya dan jaringan listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: