Update: Sudah Terdata 41 Titik Lokasi Terdampak Banjir di Kota Tasik, BPBD Imbau Jauhi Lokasi Bencana

Update: Sudah Terdata 41 Titik Lokasi Terdampak Banjir di Kota Tasik, BPBD Imbau Jauhi Lokasi Bencana

Beberapa rumah warga Ampera, Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya terbawa aliran sungai saat diterjang banjir, Mingg malam, 11 September 2022. Foto: istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Sebanyak 41 titik lokasi di Kota Tasikmalaya terdampak banjir pada Minggu 11 September 2022. 

Banjir di Kota Tasikmalaya itu setelah beberapa sungai meluap dan saluran irigasi jalan meluber saat hujan deras tak henti-henti pada Minggu, 11 September 2022 mengguyur Kota Tasikmalaya.

Akibat cuaca buruk itu mengakibatkan rumah ambruk, tebing longsor dan ratusan rumah terendam banjir. 

Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya terus melakukan penanganan banjir sejak Minggu sore sampai Senin pagi hari. 

BACA JUGA: Pengakuan Warga Cieunteung yang Rumahnya Terendam Banjir 1,5 Meter: Begadang Sepanjang Malam, Takut Air Naik

"Karena kejadiannya berbeda-beda lokasi kita bagi beberapa tim dalam melakukan penanganan sejak sore sampai pagi hari ini," ujar Koordinator Lapangan (Korlap) URC BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman, Senin 12 September 2022. 

"Sebagian besar adalah banjir sejak sore kemarin. Sebagian sedang ditangani dan sebagian lagi sudah selesai. Akibat banjir data sampai pukul 07.00 WIB pagi ini ada 41 titik banjir dan 1 titik longsor," sambungnya.

Harisman menambahkan, kepada seluruh masyarakat yang lokasinya rawan bencana untuk menjauhi dahulu tempat tinggalnya karena kemungkinan cuaca buruk masih terjadi. 

Meskipun pada Senin pagi ini cuaca mulai cerah, tapi memasuki siang sampai sore harinya akan terjadi lagi hujan deras.

BACA JUGA: Tadi Malam, Kota Tasikmalaya Dikepung Banjir, Rumah-Rumah Terendam, Jalanan Tergenang, Ini Penyebabnya  

"Kami BPBD mengimbau kepada masyarakat untuk menjauhi dulu lokasi yang rawan di tempat tinggalnya. Karena cuaca buruk kemungkinan masih terjadi. Semua warga diminta waspada saat terjadi cuaca buruk," tambahnya. 

Adapun banjir di wilayah Kota Tasikmalaya langsung surut usai hujan deras berhenti. 

Sebagian besar titik lokasi akibat adanya penyumbatan saluran irigasi dan meluapnya beberapa sungai di wilayah Kota Tasikmalaya akibat intensitas hujan yang tinggi. 

"Ini intensitas hujannya tinggi, jadi meluap di setiap sungai dan saluran irigasi. Kalau banjir saat hujan terjadi, sekarang sudah surut pagi hari," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: