3 Hal Penyebab Gen Z Disebut Sebagai Generasi Paling Kesepian

3 Hal Penyebab Gen Z Disebut Sebagai Generasi Paling Kesepian

Ilustrasi gen z dianggap generasi paling kesepian.-Foto:tangkapan layar/jabarekspres.com-

RADARTASIK.COM - Generasi Z (Gen Z) atau generasi termuda saat ini adalah generasi yang paling kesepian? Meski terlihat paling mengikuti zaman, ternyata gaya hidup, mereka disebut paling kesepian di antara generasi lain. Dilansir dari Psychology Today dan jabarekspres.com, ternyata ini penyebab generasi Z merasa kesepian :

1. Hidup penuh distraksi

Zaman sekarang adlah zamannya hustle culture. Semua hal bisa kita kerjakan karena kita gak ingin kalah dengan orang lain. Akhirnya dorongan untuk mau kalah dengan orang lain ini yang bikin kita terlibat dengan banyak hal, dan akhirnya menghindari diri kita dari kegiatan bersosialisasi.

Contoh kecilnya adalah notifikasi ponsel. Siapaun ingin langsung melihat ponsel ketika menerima notifikasi . Padahal mungkin di depan sedang ada sahabat atau keluarga.

BACA JUGA:Guru dan Murid SMK Bhakti Kencana Ciawi Tasikmalaya, Produktif Menulis Buku

Saking banyaknya hal yang ada di sekitar kita, tidak jarang kita menjadi overwhelmed dan stres melihat semuanya. Alhasil kita makin enggan untuk mengambil inisiatif berkomunikasi langsung secara nyata dengan orang lain, bukan sekadar melalui avatar di ponsel.

2. Terjebak di dunia maya

Siapaun akan setuju jika penggunaan media sosial berlebih akan membuat kita merasa lebih kesepian, dibuktikan dengan sederet riset. Namun, jika hanya untuk sekadar sarana hiburan dan bisnis, tak ada salahnya kita memanfaatkan media sosial.

Penting untuk diingat bahwa kita memakai media sosial agar terkoneksi dengan orang di balik akun tersebut, bukan sekadar dekat dengan akunnya aja. Jadikan media sosial sebagai inspirasi topik obrolan atau media dokumentasi. Jangan sampai terjebak di dunia maya hingga melupakan dunia nyata yang kamu rasakan saat ini.

BACA JUGA:Jangan Malu Lapor Soal Kekerasan Terhadap Anak, KPAD: Saksi atau Korban Dijamin karena Ada LPSK

3. Siapa pun bisa cari tahu apa pun

Zaman sebelum internet ada, pertanyaan apa pun mungkin akan kita tanyakan ke orang tua atau guru. Karena sekarang telah ada internet, hal apapun yang ingin kita ingin ketahui bisa langsung ditemukan jawabannya.

Secara gak langsung ini membuat interaksi kita dengan lain menjadi berkurang. Padahal pertanyaan remeh, random, atau yang tidak masuk akal sekali pun bisa jadi pembuka perbincangan yang menyenangkan.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa Gen Z disebut generasi paling kesepian. Ingat, kesendirian dan kesepian adalah dua hal yang berbeda. (main2.id/jabarekspres)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: