Pria Berhelm Full Face Coba Bobol ATM bjb di Cineam Tasik, Bawa Linggis dan Kabur saat Kepergok Warga

Pria Berhelm Full Face Coba Bobol ATM bjb di Cineam Tasik, Bawa Linggis dan Kabur saat Kepergok Warga

Tim Inafis Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota saat melakukan olah TKP ATM bjb yang hampir dibobol maling di Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 17 Agustus 2022 malam. Foto: istimewa --

Menurut AKP Ajat, diduga uang di dalam brankas mesin ATM belum sempat diambil pelaku. Namun di lokasi pihaknya mengamankan barang bukti. Diantaranya, besi ulir sepanjang meter, helm warna putih, dan potongan kayu batang sapu.

“Kondisi monitor mesin ATM Bank Mandiri rusak akibat dibuka dengan paksa. Pelaku belum diketahui masih dalam penyelidikan,” terangnya. 

Aksi percobaan pencurian dengan modus bobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga kembali terjadi di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota, Sabtu (12/02/22).

Komplotan Pembobol ATM di Jamanis, Tasik, Memakai Mobil Minibus

Kapolsek Jamanis, Polres Tasikmalaya Kota, AKP H Edi Suprayitno menjelaskan, kejadian upaya pembobolan ATM BRI terjadi pukul 03.35 WIB.

"Ya benar ada kejadian percobaan pembobolan mesin ATM BRI," papar AKP H Edi Suprayitno kepada wartawan.

"Belum terdapat kerugian. Hanya terdapat kerusakan pada bagian luar mesin ATM-nya," sambung AKP H Edi Suprayitno.

Menurut AKP H Edi Suprayitno, pelaku diperkirakan sebanyak 6 orang menaiki 2 unit mobil minibus berdasarkan rekaman kamera pengintai alias CCTV. 

"Para pelaku datang bersamaan ke TKP menggunakan 2 unit kendaraan minibus. Terlihat mereka membagi tugas dan peran masing-masing dengan cara salah seorang di antara pelaku terlebih dahulu masuk ke dalam ruangan mesin ATM," terang AKP H Edi Suprayitno.

Kemudian, beber AKP H Edi Suprayitno, pelaku yang masuk ruangan mesin ATM tersebut menyemprotkan cat semprot (sejenis phylox) ke kamera CCTV di dalam ruangan mesin ATM.

"Selanjutnya satu persatu pelaku lainnya mengeluarkan sejumlah alat dari dalam kendaraan mereka, dan saling membantu merusak atau menjebol mesin ATM," beber perwira pertama ini.

Aksi Pembobol ATM di Tasik Digagalkan Satpam yang Berjaga

Namun, tambah AKP H Edi Suprayitno, sekitar pukul 03.41, petugas keamanan bank melihat layar monitor CCTV dari dalam, melihat hal yang dilakukan para pelaku tersebut.

"Hingga akhirnya petugas tersebut bergegas ke depan dan memukuli pintu rolling door dari dalam, sambil berteriak hingga akhirnya aksi para pelaku dapat digagalkan," tambah AKP H Edi Suprayitno.

Setelah itu, para pelaku yang kaget aksinya ketahuan bergegas kabur. Satpam tersebut langsung melaporkan kejadian ini ke pihak Polsek terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: