Warga Leuwisari Tasik Takut Berkunjung ke Puskesmas

Warga Leuwisari Tasik Takut Berkunjung ke Puskesmas

LEUWISARI - Selama masa pandemi Covid-19, kunjungan pelayanan kesehatan ke Puskesmas Kecamatan Leuwaisari memurun signifikan. Hal itu karena banyak warga yang masih merasa segan atau takut untuk datang berobat dan lebih memilih menjaga kesehatannya.


Kepala UPTD Puskesmas Leuwisari, Didin Budiyana mengatakan sejak awal masa pandemi tingkat kunjungan untuk pelayanan kesehatan masyarakat menurun.

“Memang menurun derastis mungkin mereka takut, karena sekarang pandemi,” katanya kepada Radar, Selasa (16/3/2021).

Penurunan pelayanan kesehatan itu, untuk penyakit biasa atau ringan seperti demam dan lainnya. “Yang sakit ringan saja yang memang menurun, padahal sebelum masa pandemi sangat tinggi karena memang pelayana kesehatan di puskesmas cukup murah biayanya,” kata Didin.

Di sisi lain, dia juga bersyukur dengan menurunnya kunjungan pelayanan kesehatan itu, artinya sudah meningkatkan tingkat kesehatan diri masyarakat. Maysarakat lebih mengutamakan dan menjaga kesehatannya, sehingga sakit-sakit ringan bisa dihindari.

“Kemandirian masyarakat menjaga kesehatan meningkat, karena mereka takut mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas terus menjaga kesehatannya,” kata dia.

Menurut dia, masih selalu ada masyarakat yang tetap datang ke puskesmas. Biasanya mereka yang memiliki penyakit berat, sehingga harus rutin berobat. “Seperti penderita TBC, darah tinggi dan lainnya tetap datang berobat,” kata dia. (ujg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: