BRI Konsisten Menjaga Kerangka Besar Pemberdayaan

BRI Konsisten Menjaga Kerangka Besar Pemberdayaan

Masih dalam risetnya, Supari mengungkap bahwa dibandingkan dengan yang belum pernah melakukan digitalisasi, UMKM Ultra Mikro yang telah mengadopsi digital memiliki probabilitas ketahanan yang lebih tinggi, dengan peningkatan penjualan, likuiditas, dan profitabilitas.

Bagaimana BRI fokus memberdayakan dan meningkatkan produktivitas pelaku UMKM Ultra Mikro menjadi langkah implementasi i4i (innovation for inclusion), intervensi inovasi yang berfokus pada inisiatif teknologi dalam meningkatkan akses layanan keuangan.

BACA JUGA: Dua Pamen Polri Menimba Ilmu di Korea Selatan, Cegah Kejahatan Internasional

Program dan aktivitas yang ditujukan pada ekosistem ultra mikro PNM dan Pegadaian disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan nasabah.

Lebih khususnya pada kelompok pra sejahtera di customer based PNM, program pemberdayaan diprioritaskan pada edukasi layanan keuangan digital dan cashless serta dukungan untuk pelaku usaha perempuan.

”BRI terus mendorong pelaku UMKM Ultra Mikro supaya berani bersaing di digital platform sebagai bagian dari journey cashless ecosystem yang harus dibangun. Langkah awal, BRI memastikan kepemilikan produk tabungan Simpedes UMi oleh nasabah PNM dan Pegadaian untuk memfasilitasi pencairan pinjaman hingga bertransaksi secara cashless dengan memanfaatkan sebaran Agen BRILink dan Agen Pegadaian sebagai solusi paling dekat,” terangnya.

Platform LinkUMKM disediakan oleh BRI agar pelaku usaha Ultra Mikro mengakses modul-modul pemberdayaan berisi edukasi dasar seperti pengenalan produk keuangan, pengelolaan cashflow usaha, pencatatan keuangan sederhana, hingga tips kemasan produk dan bagaimana cara memanfaatkan media untuk berjualan.

BACA JUGA: Babak Baru Kasus Nikita Mirzani vs Dito Mahendra, Polisi: Statusnya Tersangka, Berkas Sudah Dilimpahkan

Untuk mengenalkan produk UMKM Ultra Mikro lebih luas, BRI bersama Pegadaian dan PNM telah menggelar Festival Pasar Senyum di Cirebon.

Turut menghadirkan 50 tenant, jenis usaha foods & beverages sampai dengan craft products binaan 3 Entitas.

Ajang ini merupakan pembuktian eksistensi UMKM Ultra Mikro, bahwa mereka memiliki peranan penting bagi perekonomian setempat.

UMKM Ultra Mikro go online, BRI kerjasama dengan Grab Indonesia menyelenggarakan ‘Grab untuk UMKM’ memfasilitasi anggota kelompok Mekaar PNM, nasabah Pegadaian sekaligus BRI, sehingga mulai mengenal dan dapat menjadi mitra di Grab Merchant, Grab Food, dan Grab Kios.

BACA JUGA: Giliran PMII Geruduk DPRD, Mahasiswa di Kota Tasik Tolak RKUHP Disahkan

Melalui Grab Indonesia, BRI telah memfasilitasi pelatihan dan pendampingan digitalisasi UMKM Ultra Mikro di berbagai kota menghadirkan platform yang inklusif.

BRI kemudian bekerjasama Kementerian Investasi/BKPM untuk memastikan tiap pelaku usaha memiliki syarat dokumen agar bisa bergabung sebagai mitra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: