Wisata Susur Sungai Citanduy, Komisi III DPRD Kota Banjar Dukung Tapi ...

Wisata Susur Sungai Citanduy, Komisi III DPRD Kota Banjar Dukung Tapi ...

Radartasik, BANJAR – Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar Cecep Dani Sufyan mengapresiasi rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar yang ingin membangun wisata susur sungai di Citanduy.

Potensi tersebut, kata Cecep, harus didukung lantaran wisata susur sungai bisa menjadi andalan Kota Banjar ke depan.

Tapi, perencanaan dan kajiannya harus benar-benar maksimal, agar tidak menjadi pembangunan yang mangkrak.

BACA JUGA: 7 Rencana Penataan Sungai Citanduy, Simak Ulasan Lengkapnya

“Rencana itu bagus, mengingat potensi wisata Banjar saat ini belum tergali dengan baik. Apalagi jika nanti dihubungkan dengan jalur tol, maka bisa menjadi daya tarik sendiri yang tidak ada di tempat lain. Ini harus diapresiasi,” kata Cecep melalui sambungan telepon, Senin 4 Juli 2022.

Ia juga meminta kajian yang komprehensif agar rencana pembangunan itu tepat manfaat dan tepat sasaran.

“Kajiannya dari BBWS tentang keamanan sungai juga harus benar-benar dilakukan dengan baik. Untuk wisata sangat berpotensi apalagi jika Bendungan Leuwi Keris jadi maka debit air di Sungai Citanduy akan konsisten. Ini memang harus dipikirkan sejak awal, tinggal bagaimana kajiannya harus matang,” kata Cecep.

BACA JUGA: Identitas Orang yang Hanyut di Sungai Citanduy Kota Banjar Diduga Kamisun

Meski demikian, Cecep berharap rencana pembangunan itu tidak membebankan ke APBD Kota Banjar. Karena banyak program prioritas yang saat ini juga belum maksimal didanai APBD Kota Banjar.

“Kita berharap ada upaya untuk menggandeng investor supaya tidak membebankan ke APBD. Kita berharap rencana ini jangan sampai mengganggu anggaran APBD. Kita ingin ke depan pengelolaan wisatanya juga profesional dari anggaran investasi bukan dari APBD,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy untuk menggali potensi wisata air di Sungai Citanduy. Rencananya, akan dibangun wisata perahu dari titik Pusdai hingga Dobo Kuliner.

BACA JUGA: Heboh Orang Hanyut di Sungai Citanduy, Tiga Orang Melihat Ada Tangan Terapung di Tengah Arus Deras

Wisata perahu nantinya akan didukung dermaga serta jogging track. Jalur jogging saat ini sebagian sudah terbangun. Tinggal penyempurnaan.

Rencana pembangunan wisata sungai akan didukung BBWS dengan membangun sheet pile beton di sepanjang tebing atau pinggir sungai di titik yang direncanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: