Dua Kelas MTs Ambruk, Penyebabnya Bangunan Sudah Tua dan Belum Pernah Direnovasi

Dua Kelas MTs Ambruk, Penyebabnya Bangunan Sudah Tua dan Belum Pernah Direnovasi

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Akibat usia bangunan yang sudah tua dan pernah terkena gempa, dua ruangan kelas Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Iman di Kampung Bunderan Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja ambruk, Kamis (23/6/2022) dini hari. Usia bangunan sudah puluhan tahun dan belum mendapatkan rehab atau renovasi, sehingga retakan yang ada membuat ambruk dengan sendirinya.

Kapolsek Sukaraja IPTU Puryono menjelaskan, dua bangunan kelas MTs Nurul Iman yang ambruk berukuran 9x7 dan 5x2. Ambruk dengan sendirinya Kamis (23/6/2022) dini hari sekitar pukul 00.30. “Iya karena faktor usia bangunan dibangun 2001 belum pernah direnovasi dan pernah terkena gempa waktu tahun 2009. Bangunan atau ruang kelas yang rubuh pertama kali diketahui oleh warga,” terang Puryono.

Menurutnya, ada warga atas nama Ecep Bahrul Ulum MPdI yang rumahnya dekat dengan MTS tersebut. Jadi sewaktu istirahat di dalam rumahnya terdengar suara gemuruh dari arah sekolah pada tengah malam. “Setelah mendengar gemuruh itu, lalu warga tersebut keluar rumah dan mendapati bangunan sekolah sudah ambruk. Kemudian masyarakat berdatangan ke lokasi,” paparnya. 

Bangunan yang ambruk, jelas dia, adalah ruangan sekolah bagian atap genteng ambruk menimpa lantai sehingga ruangan mengalami rusak berat serta tidak bisa lagi dipakai sebagai sarana pembelajaran. “Untuk sementara dua kelas itu tidak digunakan. Siswa yang biasa belajar di dua ruangan kelas itu menggunakan kelas lainnya,” tambah dia.

BACA JUGA: Dua Ruangan Kelas Ambruk di MTs Nurul Iman Sukaraja, Siswa Giliran Belajar

Salah satu warga dekat MTS Nurul Iman, Ecep Bahrul Ulum MPdI menuturkan usia bangunan yang ambruk sudah berdiri sejak tahun 2001 dengan pembiayaan donatur swadaya masyarakat dan Yayasan MTS Nurul Iman. Kemungkinan kondisi temboknya sudah retak dan rawan ambruk. “Diperkirakan kerugian pihak sekolah mencapai ratusan juta rupiah,” kata dia. (dik) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: