Dua Ruangan Kelas Ambruk di MTs Nurul Iman Sukaraja, Siswa Giliran Belajar

Dua Ruangan Kelas Ambruk di MTs Nurul Iman Sukaraja, Siswa Giliran Belajar

Kondisi Bangunan Nurul Iman di Kampung Bunderan RT 007 RW.010 Desa Linggaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, ambruk Kamis (23/6/2022). istimewa--

Radartasik, KABUPATEN TASIKMALAYA – Dua ruang kelas di Yayasan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Iman di Kampung Bunderan RT 007/ RW 010 Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, ambruk pada, Kamis (23/6/2022) dinihari.

Kapolsek Sukaraja, Iptu Puryono mengatakan, dua ruangan kelas  MTs Nurul Iman berukuran 9x7 meter dan 5x2  meter itu diketahui ambruk pada Kamis (23/6/2022) pada pukul 00.30 dini hari. 

"Itu awalnya diketahui (saksi) Ecep Bahrul Ulum MPdI sewaktu istirahat di dalam rumahnya mendengar suara gemuruh dari arah sekolah MTs Nurul Iman. Itu (suara gemuruh) pada tengah malam," kata Kapolsek Sukaraja.

BACA JUGA:Bangunan Dapur dan WC Rumah Warga Kawalu Roboh saat Hujan Deras

Kapolsek melanjutkan, saksi keluar rumah kemudian bersama masyarakat menghampiri sumber suara dari arah MTs. Dipastikan bahwa bagain atap genteng di dua ruangan kelas telah ambruk. 

Ruangan tersebut mengalami rusak berat serta tidak bisa lagi dipakai sebagai sarana pembelajaran. 

"Keterangan saksi penyebab dari ambruknya ruang sekolah dari banyaknya retakan dinding bangunan akibat gempa bumi pada tahun 2009 lalu. Belum pernah adanya perbaikan juga," kata Puryono.

Dua ruangan kelas itu dibangun pada tahun 2001 melalui pembiayaan swadaya masyarakat dan Yayasan MTS Nurul Iman. 

BACA JUGA:Kades Sampaikan TPT Roboh Akan Diperbaiki Secara Swadaya

"Atas kejadian tersebut, pihak sekolah mengalami kerugian sebesar seratus tiga puluh juta rupiah," katanya.

Imbas dua kelas ambruk, proses belajar mengajar mengalami hambatan. siswa yang biasa di dua ruang kelas yang ambruk harus bergiliran dengan siswa di ruang lainnya. "Sementara dua kelas itu tidak digunakan, siswa yang biasa belajar di dua ruangan kelas itu menggunakan kelas lainnya," kata Kapolsek Sukaraja Puryono. 

Sumber: