Jalur Mudik di Kabupaten Tasikmalaya Capai 30,2 Km, Disiagakan 600 Personel, Disiapkan Skema Atasi Kemacetan

 Jalur Mudik di Kabupaten Tasikmalaya Capai 30,2 Km, Disiagakan 600 Personel, Disiapkan Skema Atasi Kemacetan

Radartasik, TASIKMALAYA – Polres Tasikmalaya sudah melakukan pemetaan untuk mengantisipasi kemacetan selama arus mudik Lebaran 2022.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono mengatakan, bila terjadi kemacetan selama arus mudik di wilayah perkotaan Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya atau Singaparna, maka pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas.

"Itu sudah kita petakan sama Kasat Lantas bila wilayah perkotaan terjadi kemacetan akan ada rekayasa lalu lintas," kata Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lebaran Lodaya 2022 di Halaman Polres Tasikmalaya, Jumat (22/4/2022). 

Untuk membantu kelancaran arus mudik, sebanyak 600 personel gabungan disiagakan.

Menurut Kapolres, 600 personel itu siaga di sepanjang Jalan Tenjowaringin Salawu-Cikunir dan Jalur Selatan Cipatujah. 

"Personil yang kita siapkan ada 350 personil dari polisi, lainnya ada dari TNI, BPBD, Satpol PP, Tagana total ada 600 personil," jelas AKBP Rimsyahtono.

Wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang dilewati kendaraan pemudik Lebaran yaitu di Jalur utama Tenjowaringin Salawu-Cikunir. 

Adapun total panjang jalur utama mudik Lebaran di Kabupaten Tasikmalaya atau di wilayah hukum Polres Tasikmalaya sepanjang 30,2 kilometer.   

"Sepanjang itu disiapkan satu pos terpadu, dua pos pelayanan, tiga pos pengamanan dan 10 pos gatur lalu lintas untuk mengatur arus kendaraan termasuk tersedia pos pelayanan di Jalur Selatan Cipatujah," jelas AKBP Rimsyahtono.

Bersiap Hadapi Lonjakan Pemudik

Pemerintah Kabupaten bersiap menghadapi lonjakan pemudik Lebaran 2022. Terlebih, secara nasional diprediksi 85 juta jiwa akan pulang kampung tahun ini.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto mengaku akan mengerahkan segala kemampuan untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan keselamatan pemudik. 

"Apalagi menurut survei pada mudik tahun ini sangat luar biasa,” ujar Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto kepada wartawan usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lebaran Lodaya 2022 di Halaman Polres Tasikmalaya Jumat (22/4/2022)

Dua setelah mudik Lebaran tidak dibuka, karena pandemi Covid-19, kini akan ada puluhan juta pemudik secara nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: