Waspada Jika Terkana Covid Dalam Enam Bulan Terakhir Karena Efek Samping Terbaru Yang Mematikan

Waspada Jika Terkana Covid Dalam Enam Bulan Terakhir Karena Efek Samping Terbaru Yang Mematikan

Radartasik.com, Siapapun yang terkena Covid dalam enam bulan terakhir dapat berisiko mengalami efek samping yang mematikan menurut sebuah penelitian.

Orang yang terkena Covid kurang dari setengah tahun yang lalu lebih mungkin untuk terkena pembekuan darah.

Peneliti dari Swedia menemukan ada risiko hingga tiga bulan pasca infeksi dan pembekuan darah di paru-paru hingga enam bulan kemudian.

Inimenjadi bukti tambahan bahwa vaksin sangat penting dalam melindungi dari komplikasi Covid, yang tidak terbatas pada saat Anda benar-benar terinfeksi.

Varian Omicron yang dominan dalam enam bulan terakhir umumnya menyebabkan penyakit yang lebih ringan, dengan kebanyakan orang sembuh di rumah.

Namun para ahli menemukan beberapa Covid ringan yang tidak dirawat di rumah sakit berisiko mengalami trombosis vena dalam dan emboli paru, meskipun penelitian ini sebagian besar telah dilakukan sebelum Omicron muncul.

Sedangkan kemungkinan mendapatkan bekuan darah ditemukan lebih tinggi pada gelombang pertama pandemi.

Hal ini menunjukkan perbaikan dalam pengobatan dan cakupan vaksin yang luas menyebabkan risiko berkurang.

Dalam editorial terkait, para peneliti di University of Glasgow melihat prospek banyak pemerintah menghapus pembatasan dan mengalihkan fokus mereka ke "jalan hidup dengan Covid."

Mereka menambahkan penelitian ini “mengingatkan kita akan perlunya tetap waspada terhadap komplikasi yang terkait dengan infeksi SARS-CoV-2. ”

Diperkirakan ada risiko penggumpalan darah yang lebih tinggi setelah tertular Covid karena respons peradangan masif yang dapat terjadi pada beberapa pasien.

Kebanyakan orang akan pulih tanpa masalah apa pun, tetapi saat kita mempelajari lebih lanjut tentang virus ini, ada sesuatu yang harus diperhatikan agar aman.

Trombosis vena dalam (DVT) terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di salah satu vena dalam tubuh Anda, biasanya di kaki Anda.

Jika gumpalan darah pecah dari DVT dan berjalan ke paru-paru, ini menyebabkan emboli paru (PE) yang bisa berakibat fatal.(sal)

Dikutip dari The Sun berikut tanda dan gejala DVT:

1. Pembengkakan, biasanya pada satu kaki (atau lengan)
2. Sakit kaki atau nyeri tekan
3. Perubahan warna kulit menjadi kemerahan/biru
4. Kaki (atau lengan) terasa hangat ketika disentuh

Tanda dan gejala PE meliputi:

1. Sesak napas yang tiba-tiba
2. Dada nyeri terasa menusuk,  mungkin bertambah buruk saat menarik napas dalam-dalam
3. Detak jantung yang cepat
4. Batuk yang tidak dapat dijelaskan, terkadang dengan lendir berlumuran darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: