Anggota Satpol PP Bersitegang dengan Orang Ini, Begini Masalahnya

Anggota Satpol PP Bersitegang dengan Orang Ini, Begini Masalahnya

RADARTASIK, KOTA TASIKMALAYA – Kampanye hari tanpa tembakau yang diselenggarakan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya diwarnai ketegangan.

Dimana, ada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang mengamuk lantaran tidak mau dipindahkan petugas gabungan. 

Peristiwa itu terjadi saat tim gabungan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan kampanye dan sosialisasi hari tanpa tembakau di Taman Kota, Selasa (31/5/2022).

Aparatur pemerintah itu memberikan edukasi terhadap pelajar, mahasiswa, dan kalangan umum yang tengah menikmati suasana Taman Kota. Sayangnya, ada ODGJ yang sudah beberapa pekan sering singgah di lokasi itu menghampiri kerumunan anak. 

Anggota Linmas berupaya mengalihkan ODGJ agar singgah ke tempat lain. Namun petugas mendapatkan cakaran dan pukulan dari ODGJ.

”Awalnya hendak kita alihkan agar dia tidak nongkrong di sini, karena ada kerumunan pengunjung dan anak-anak, khawatir dia buat onar. Sayangnya dia melawan dan mencakar leher saya dan memukul juga,” ujar Ujang usai meringkusnya.

BACA JUGA: Siswa SMAN 2 Kota Tasik Deklarasi Tolak Aksi Geng Motor saat Upacara Hari Lahir Pancasila

Kontan suasana berubah tegang tatkala petugas tengah menggelar aksi pungut puntung rokok di area rekreasi itu. Kampanye hari tanpa tembakau beralih fokus menjadi aksi dramatis petugas membekuk ODGJ.

Beruntung tidak ada luka serius yang dialami anggota linmas dan ODGJ itu akhirnya dievakuasi petugas.

”Alhamdulillah tidak berlangsung lama, namun menjadi perhatian warga yang ada di sini. Akhirnya kita amankan agar tidak mengamuk ke warga lain,” tuturnya. 

Pengunjung Taman Kota, kontan kaget. Seperti diutarakan Nurmala (33). Dia yang sedang menikmati suasana Taman Kota sontak dibuat bingung dan tegang. Ada ODGJ yang bersitegang dengan petugas.

”Kita sudah nyimak paparan dari petugas soal hari tanpa tembakau, tahu-tahu ada yang ribut. Kami kontan tegang dan ingin buru-buru pergi dari Taman Kota,” katanya. 

BACA JUGA: Bangunan Dapur dan WC Rumah Warga Kawalu Roboh saat Hujan Deras

Sementara itu, Kepala Bidang Tibumtranmas dan Linmas Satpol PP Kota Tasikmalaya H Budhi Hermawan mengaku kondisi tersebut di luar kendali. Petugas linmas spontan mengantisipasi adanya gangguan. Tatkala mereka sedang memunguti puntung rokok menemukan ada ODGJ yang dikhawatirkan berbuat onar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: