Jumlah Tawanan Dari Pabrik Azovstal di Mariupol Mencapai 1.730 Orang

Jumlah Tawanan Dari Pabrik Azovstal di Mariupol Mencapai 1.730 Orang

Radartasik, 771 kombatan Ukraina telah menyerah kepada personel Rusia di pabrik baja Azovstal di Mariupol selama 24 jam terakhir menurut Kementerian Pertahanan Rusia. Ini membuat jumlah tawanan menjadi 1.730 orang.

Azovstal yang berfungsi sebagai benteng terakhir pasukan Ukraina telah jatuh. Menurut militer Rusia, para tahanan adalah “militan dari unit nasionalis Azov” dan dipindahkan ke lokasi di Novoazovsk dan Donetsk, dua kota yang dikuasai RUsia. Bantuan medis juga sedang diberikan kepada 80 pejuang Ukraina yang terluka.

BACA JUGA:959 Tentara Ukraina Ditawan Rusia Dari Mariupol

Penyerahan diri, yang diperintahkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan kemudian digambarkan sebagai evakuasi  sedang dipantau oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

ICRC mengatakan mereka telah mendaftarkan ratusan tawanan perang Ukraina (POW) di Azovstal dan bahwa prosesnya masih terus berlangsung. Organisasi tersebut menyusun daftar dan merekam detail pribadi para tawanan untuk melacak mereka saat mereka tetap ditahan dan untuk membantu mereka tetap berhubungan dengan keluarga.

Ini sesuai dengan perannya sebagai pengamat netral dalam masalah perang dan mengatakan pihaknya mempertahankan “dialog rahasia dengan pihak-pihak yang berkonflik tentang kewajiban mereka di bawah hukum humaniter internasional.”

Dalam akun Twitter-nya, ICRC menekankan bahwa ia terikat oleh pembatasan tertentu tentang cara kerjanya, seperti tidak dapat bersaksi di pengadilan tentang kunjungan tahanan yang dilakukan atau untuk menuntut pihak yang menahan.

ICRC adalah pengawas yang diakui secara internasional untuk Konvensi Jenewa tentang aturan perang, antara lain mengatur bagaimana cara memperlakukan tawanan perang.

Beberapa pejabat Ukraina sebelumnya menuduh organisasi tersebut melakukan berbagai pelanggaran, termasuk diduga berpartisipasi dalam pemindahan paksa warga Ukraina. Mereka mengacu pada evakuasi warga sipil dari Ukraina timur ke tempat yang aman di Rusia yang menurut Kiev dilakukan di bawah todongan senjata.

Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk pada satu titik menuduh ICRC "bekerja dengan musuh." Organisasi itu membantah tuduhan itu dengan mengatakan tidak pernah mengambil bagian dalam evakuasi paksa, baik di Ukraina atau di tempat lain di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today