Bandara Wiriadinata Kembali Melayani Penerbangan Komersial Pertengahan Bulan Ini

Bandara Wiriadinata Kembali Melayani Penerbangan Komersial Pertengahan Bulan Ini

Radartasik, KOTA TASIKBandara Wiriadinata di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya tidak melayani penerbangan komersial selama dua tahun pandemi Covid-19.

Kini —ketika wabah Covid-19 mulai melandai— bandara kebanggaan Kota Tasikmalaya tersebut akan kembali dibuka untuk penerbangan komersial. Hal itu dibenarkan Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana.

Danlanud mengaku sudah bertemu dengan salah satu maskapai penerbangan untuk membahas rencana pembukaan kembali bandara tersebut.

BACA JUGA:Haduh, Ridwan Kamil dan Yana Mulyana Malah Saling Sindir Soal GBLA

”Kami sudah menerima dari Lion Group. Rencana kita akan re-operating lagi. Kemungkinan berjalan lancar, tanggal 15 Mei ini rencananya akan dibuka lagi (Bandara Wiriadinata, red),” paparnya kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

”Yaitu, untuk Tasikmalaya ke Pondok Cabe, Tangsel. Begitu pun sebaliknya. Nanti ke depannya saya juga membuka juga ke maskapai lain untuk bergabung,” kata dia.

BACA JUGA:17 Sapi dan Kerbau Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Danlanud juga mengajak maskapai penerbangan milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memanfaatkan Bandara Wiriadinata.

”Termasuk maskapainya Bu Susi (Susi Air) yang untuk digunakan sebagai perintis. Karena, saya berniat untuk mengaktifkan lagi transportasi udara yang sudah lama sekitar 2 tahun vakum selama pandemi ini,” terangnya.

BACA JUGA:Rekam Aktivitas 8 Remaja Putri di Kamar Mandi dan Tidur, KA Ditangkap Polisi

Disinggung bagaimana untuk penerbangan malam, dia menerangkan, di Lanud Wiriadinata sebenarnya sudah bisa dilakukan. Namun untuk precicion aproach-nya belum ada.

Ke depannya, kalau misalkan anino penerbangannya banyak dari masyarakat sekitar, Lanud akan koordinasi dengan Dishub untuk mengadakan ALS (approach lighting system).

BACA JUGA:1.200 Sapi Positif Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku, 10 Ekor Sudah Mati

”Dimana, kalau presicion approach ada, kapan pun, visibility seperti apa pun masih bisa digunakan (untuk pesawat landing),” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: