Perjuangan Masyarakat Inklusi Tasikmalaya Membangun Kehidupan Lewat Kumpulan

Kamis 17-10-2024,18:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Di Tasikmalaya, ada secercah harapan baru bagi masyarakat inklusi, terutama para perempuan yang ingin meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. 

Harapan itu datang melalui pendampingan intensif dari BTPN Syariah yang berfokus pada pemberdayaan dan akses keuangan bagi segmen ultra mikro. 

Sejak 2014, bank syariah ini terus melayani dan mendampingi masyarakat inklusi, bukan hanya sekadar memberikan pembiayaan, tetapi juga membangun sikap positif dan keterampilan dalam mengelola keuangan.

Salah satu program yang menjadi andalan BTPN Syariah adalah "kumpulan", sebuah pertemuan dua mingguan yang tidak hanya membahas tentang angsuran dan pencairan dana, tetapi juga memberikan akses pengetahuan bagi para nasabah. 

BACA JUGA:BKN Mengumumkan Daftar Pelamar yang Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024 Mencapai Lebih dari 3 Juta Pelamar

Di sini, mereka belajar cara mengembangkan usaha, mengatur keuangan, hingga membangun solidaritas di antara sesama nasabah. 

Kepala Pembiayaan Area Tasikmalaya, Dede Muniah, menjelaskan bahwa kumpulan ini adalah wadah pemberdayaan untuk menanamkan empat perilaku unggul: Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS).

Ibu Rohanah, seorang warga Desa Padakembang, adalah salah satu contoh nyata dampak positif dari kumpulan BTPN Syariah. 

Menjadi nasabah sejak sepuluh tahun lalu, ia merasakan perubahan besar dalam hidupnya. 

BACA JUGA:Wakil Indonesia di Denmark Open 2024, Harapan di Babak 16 Besar

"Kumpulan ini memberikan banyak manfaat, saya jadi tidak merasa berjuang sendiri. Ada semangat bersama untuk terus tumbuh dan saling menginspirasi," ujarnya Rabu 16 Oktober 2024 dengan penuh semangat saat ditemui di Hotel Santika. 

Bukan hanya urusan angsuran yang tertata rapi, Ibu Rohanah juga mendapatkan banyak ilmu yang membantu pengembangan usahanya.

Melihat dampak yang dirasakan oleh Ibu Rohanah dan banyak nasabah lain, Camat Padakembang, Agianto Ahmad Tahir, memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah BTPN Syariah. 

"Pendampingan yang dilakukan bank ini mampu mendorong perekonomian warga dan menjadikan para ibu nasabah lebih pandai dalam mengelola keuangan," tuturnya. 

BACA JUGA:Dishub Kota Tasikmalaya Optimalkan Potensi Retribusi Parkir, Warga dan Jukir Berikan Dukungan

Kategori :