Kriteria Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Menurut HMI: Harus Memahami Kebutuhan Masyarakat

Kamis 12-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Ujang Nandar
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tasikmalaya mengemukakan kriteria ideal untuk Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya definitif. 

Mereka menekankan pentingnya sosok yang mampu memahami dan mendorong aspirasi masyarakat serta berpegang pada nilai-nilai religius Islami.

Ketua HMI Tasikmalaya, Muhammad Rivaldi, menjelaskan bahwa calon ketua dewan harus memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan masyarakat, mulai dari infrastruktur, pelayanan dasar, hingga isu ekonomi yang kini menjadi perhatian utama.

"Sosok yang terpilih harus mampu mendorong pembangunan serta peningkatan pelayanan dasar dan ekonomi, sambil tetap menjaga prinsip religius Islami sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Tasikmalaya," ujar Rivaldi, Kamis 12 September 2024.

BACA JUGA:Menghidupkan Sastra, Mengembangkan Pemikiran Kritis melalui Residensi Penulisan

Lebih lanjut, Muhammad Rivaldi menegaskan bahwa calon ketua dewan ideal juga harus berpengalaman, seperti pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya. 

Pengalaman ini penting untuk memastikan kemampuan dalam mengayomi anggota dewan lainnya serta meningkatkan fungsi pengawasan.

Calon ketua dewan juga harus berpihak pada kepentingan rakyat dan membuat kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Rivaldi menambahkan bahwa meskipun partai politik calon ketua adalah partai Gerindra, sosok tersebut harus memenuhi kriteria yang telah disebutkan.

BACA JUGA:4 Spot Wisata di Area Bendungan Leuwikeris, Destinasi Baru Tasikmalaya dan Ciamis

Penting untuk memastikan bahwa pemilihan ketua dewan definitif mematuhi regulasi dan aturan yang berlaku.

Kategori :