Wakil Bupati Tasikmalaya Berharap Pemberantasan Rokok Tanpa Pita Cukai Terus Digencarkan

Senin 03-07-2023,16:51 WIB
Reporter : Ujang Nandar
Editor : Rezza Rizaldi

Wakil Bupati Tasikmalaya Berharap Pemberantasan Rokok Tanpa Pita Cukai Terus Digencarkan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, mengapresiasi pengungkapan 13 ribu batang rokok tanpa pita cukai yang dilakukan oleh Satpol PP dan Cukai beberapa waktu lalu. 

"Tentunya saya minta itu (pemberantasan rokok tanpa pita cukai, Red) terus dilakukan agar tidak semakin menjamurnya rokok ilegal di Kabupaten Tasikmalaya," katanya kepada radartasik.com, Senin 3 Juli 2023.

Karena, terang Cecep, penggunaan cukai tesebut berada di wilayah Dinas Perdagangan. Maka, berbagai upaya agar masyarakat memahami pentingnya pita cukai juga harus terus dilakukan edukasi. 


Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin. ujang nandar / radartasik.com--

"Itu (cukai) tidak hanya rokok saja. Semua komoditi yang disinyalir tidak berkontribusi terhadap pendapatan daerah dan pendapatan negara tentu harus terpantau dengan baik," terangnya.

Sebab, tegas dia, dengan maraknya rokok tanpa pita cukai alias ilegal maka yang dirugikan itu masyarat secara umum, tidak hanya Kabupaten Tasikmalaya saja. 

Apalagi melihat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tasikmalaya yang saat ini masih kecil, hanya Rp 98 miliar saja dari total Anggara Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp 3,2 Triliun.

"Sehingga kita masih besar sekali ketergantungan terhadap anggaran pusat dan Provinsi Jawa Barat itu," tegasnya.

BACA JUGA:5 Restoran Rekomended di Kota Banjar yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Sekolah

Cecep pun meminta pemberantasan rokok tanpa pita cukai terus dilakukan. Agar wilayahnya bebas dari peredaran rokok tanpa pita cukai.

"Termasuk sanksi yang diberikan juga harus betul-betul dilaksanakan agar menjadi efek jera dan menjadi perhatian masyarat lainnya," harapnya.

Sebelumnya, sebanyak 13 ribu batang rokok tanpa pita cukai disita tim gabungan Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya dan Kantor Bea Cukai Tasikmalaya, kemarin Kamis 22 Juni 2023. 

Dalam operasi itu, tidak hanya rokok tanpa pita cukai saja yang diamankan. Namun salesnya yang bergerak di wilayah Kecamatan Bojonggambir, juga turut diamankan.

BACA JUGA:Mau Liburan di Pangandaran? Begini Cara Pesan Paket Body Rafting Green Canyon, Harga Mulai Rp 125 Ribuan

Kategori :